Berbagi 4,44 Ton Beras untuk Warga Miskin

    Ahmad Mustaqim - 26 Januari 2020 15:55 WIB
    Berbagi 4,44 Ton Beras untuk Warga Miskin
    Proses pendistribusian bantuan dari Komunitas Berbagi Beras (KBB) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu, 26 Januari 2020. Dokumentasi/ KBB
    Bantul: Komunitas Berbagi Beras (KBB) di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membagikan berbagai macam logistik, salah satunya beras, untuk warga miskin. Terdapat ratusan penerima tetap dari orang miskin yang hidup sebatang kara.

    Koordinator KBB, Zaenuri, mengatakan ada sebanyak 4,44 ton beras yang dibagikan pada Minggu, 26 Januari 2020. Selain beras, ada juga paket sembako hingga bantuan kursi roda yang dibagikan.

    "Kami ada donatur tetap yang jumlahnya lebih dari 500. Setiap bulannya selalu ada (donor dan bantuan) yang masuk," kata Zaenuri kepada Medcom.id, Minggu, 26 Januari 2020.

    Berbagi 4,44 Ton Beras untuk Warga Miskin
    Proses pendistribusian bantuan dari Komunitas Berbagi Beras (KBB). Dokumentasi/ KKB

    Berbagi beras dan berbagai kebutuhan ini sudah dilakukan KBB sejak dua tahun lalu. Setiap orang miskin yang telah dipilih mendapatkan 5 kilogram beras. Para penerima telah diseleksi dengan ketat.

    "Kita berikan bantuan sesuai kondisi. Penerima harus masuk kategori miskin mutlak," jelas Zaenuri.

    Zaenuri kembali mengatakan penerima beras bisa diberikan bantuan lebih apabila dinilai sangat membutuhkan. Biasanya akan diberikan bantuan tambahan sembako, termasuk mi instan. Total ada sekitar 890 sasaran yang menerima bantuan. 

    Zainuri mengungkapkan pihaknya juga memberikan bantuan 33 kursi roda bagi kelompok disabilitas. Penerima kursi roda ini dipilih dengan proses seleksi berdasarkan kategori prioritas. Selain 33 kursi roda, ada pula sejumlah bantuan berupa alat bantu jalan.

    "Kami menyalurkan bantuan skala prioritas. Seluruh bantuan kami bagi di Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Sleman, dan Kulon Progo," ungkap Zaenuri.

    Zaenuri mengakui dominasi penerima bantuan lebih banyak menyasar ke Bantul. Pihaknya akan secara bertahap menyisir calon penerima bantuan yang dibantu ratusan relawan. "Kami ada sekitar 200 relawan yang membantu mencari penerima bantuan dan pendistribusian bantuan," pungkas Zaenuri.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id