Kodim Jepara Pasang Pipa dari Sungai ke Permukiman Warga

    Rhobi Shani - 10 Oktober 2019 16:11 WIB
    Kodim Jepara Pasang Pipa dari Sungai ke Permukiman Warga
    Anggota Kodim 0719 Jepara bersama warga melakukan pipanisasi dari sungai ke permukiman warga, Kamis, 10 Oktober 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani
    Jepara: Kekeringan melanda Desa Tanjung Kecamatan, Pakisaji Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sejak enam bulan terakhir. Untuk memenuhi kebutuhan air, warga setiap hari terpaksa mengambil air dari sungai yang berjarak sekitar 500 meter menggunakan ember.

    Kondisi jalan menuju sungai berbatu dan naik turun. Untuk memudahkan warga mendapatkan air dari sungai, melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Kodim 0719 Jepara, melakukan pipanisasi.

    "Awalnya kami melihat warga ambil air dari sungai. Terus kami tanya, setiap musim kemarau harus mengambil air dari sungai. Untuk membantu warga, maka kami pasang pipa untuk mengambil air dari sungai langsung dialirkan ke rumah-rumah warga," kata Komandan Kodim 0719 Jepara, Letkol Arm Suharyanto di Jepara, Kamis, 10 Oktober 2019.

    Suharyanto mengatakan pihaknya mengerahkan pasukan sebanyak 80 personel untuk mengerjakan pipanisasi. Dalam waktu kurang dari empat hari, pipa sepanjang hampir 1 kilometer selesai dipasang.

    "Dengan pipanisasi ini warga sekarang tidak perlu lagi naik turun ke sungai mengambil air," jelas Suharyanto.

    Sementara seorang warga, Sugiono, mengatakan sangat terbantu dengan adanya program pipanisasi ini. kini dia tidak perlu lagi setiap hari ke sungai untuk mengambil air. Waktu yang biasanya digunakan untuk mengambil air ke sungai dapat dimanfaatkan untuk bekerja.

    "Sungainya dibendung, terus airnya dialirkan ke warga dengan pipa. Membuat bendugannya bersama-sama, warga dan pak tentara," ungkap Sugiono.

    Meski debit air yang dikeluarkan dari pipa tidak deras, program pipanisasi ini sangat meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhan air. 

    Selain program pipanisasi, pada TMMD Reguler kali ini Kodim 0719 Jepara juga melakukan betonisasi jalan desa, jambanisasi, dan renovasi rumah tidak layak huni.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id