Dewan Pengupahan Kudus Sepakat UMK Naik 8.51%

    Rhobi Shani - 30 Oktober 2019 16:02 WIB
    Dewan Pengupahan Kudus Sepakat UMK Naik 8.51%
    Buruh pabrik rokok
    Kudus: Dewan Pengupahan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyepakati kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2020. Yaitu sesuai dengan ketetapan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar 8,51 persen dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

    Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perselisihan Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop-UKM) Kabupaten Kudus, Agus Juanto, mengatakan kesepakatan Dewan Pengupahan Kabupaten Kudus atas kenaikan UMK Kudus 2020 telah selesai. Hasilnya, UMK Kudus sekarang Rp2.044.467,75, disepakati naik menjadi Rp2.218.451.

    “Kenaikan telah disepakati Dewan Pengupahan. Hasil kesepakatan kami sodorkan ke Plt Bupati. Kemudian direkomendasikan ke gubernur untuk mendapatkan persetujuan,” ujar Agus, Rabu, 30 Oktober 2019.

    Rekomendasi yang dikeluarkan gubernur, berdasarkan pada tahun-tahun sebelumnya tidak pernah berubah dari apa yang disampaikan Dewan Pengupahan.

    Dikatakan Agus, kenaikan UMK yang telah disepakati berdasarkan inflasi berikut pertumbuhan ekonomi. Hal itu juga sesuai dengan surat edaran Kemenaker bernomor B-m/308/HI.01.00/X/2019 tanggal 15 Oktober 2019, tentang Penyampaian Data Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Produk Domestik Bruto Tahun 2019. Dalam surat tersebut Kemenaker memutuskan untuk menaikkan UMP 8,51 persen.

    “Dewan Pengupahan sudah sepakat, tinggal menunggu keputusan dari gubernur,” kata Agus.

    Pembahasan kenaikan UMK Kudus 2020 melibatkan sejumlah pihak. Di antaranya perguruan tinggi yang diwakili Unversitas Muria Kudus, serikat pekerja, Apindo sebagai representasi pengusaha, dan Disnakerperinkop-UKM.

     “Dalam pembahasan itu juga melibatkan Badan Pusat Statistik dan Bappelitbangda Kudus,” tandas Agus.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id