Ribuan Pelanggar Terjaring Razia di Sidoarjo

    Syaikhul Hadi - 29 Oktober 2019 15:14 WIB
    Ribuan Pelanggar Terjaring Razia di Sidoarjo
    Petugas Satlantas Polresta Sidoarjo menggelar operasi patuh jaya, Selasa, 29 Oktober 2019. Medcom.id/ Syaikhul Hadi
    Sidoarjo: Petugas Satlantas Polresta Sidoarjo menilang sekitar 6.747 pengendara roda dua dan roda empat di kawasan Sidoarjo dalam sepekan. Mereka terjaring dalam razia Operasi Zebra Semeru 2019 yang digelar secara serentak mulai Rabu, 23 hingga Selasa, 5 November 2019.

    "Kurang lebih seribuan pengendara setiap harinya melanggar di Sidoarjo," kata Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar saat dikonfirmasi, Selasa, 29 Oktober 2019. 

    Fahrian menjelaskan ribuan pelanggaran yang dilakukan bervariasi, mulai dari penggunaan helm tidak standar, pengemudi mobil tidak menggunakan sabuk pengaman, pengendara yang terpengaruh alkohol, melawan arus, kecepatan tinggi, menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, dan kelengkapan surat kendaraan. 

    "Yang paling banyak (pelanggaran) seperti surat-surat (SIM dan STNK), di bawah umur, dan penggunaan helm SNI," jelas Fahrian.

    Selama sepekan untuk kategori pelanggar surat-surat mencapai 3.061, sedangkan untuk kategori penggunaan helm mencapai 1.298, dan untuk pengemudi dibawah umur mencapai 1486.

    Berdasarkan hasil analisa Ditlantas Polda Jatim, angka kecelakaan dari tahun ke tahun kian meningkat. Salah satu penyebabnya adalah Pelanggaran lalu lintas. "Semoga dengan adanya operasi ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat kedepannya," ungkap Fahrian.

    Sementara untuk pengemudi di bawah umur, Satlantas Polresta Sidoarjo akan terus berupaya memberikan edukasi terutama kepada para orang tua agar mengedepankan keselamatan anaknya, dengan cara tidak meminjamkan motornya untuk digunakan sehingga mengurangi kecelakaan yang terjadi di jalan Raya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id