comscore

RSUD Jayawijaya Sulit Terapkan Kebijakan Kelas Standar

Antara - 22 Juni 2022 06:05 WIB
RSUD Jayawijaya Sulit Terapkan Kebijakan Kelas Standar
Direktur RSUD Wamena dokter Felly Sahureka. ANTARA/Marius Frisson Yewun
Wamena: Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Papua, mengaku akan sulit menerapkan kebijakan Kementerian Kesehatan untuk memberlakukan kelas standar atau menghilangkan kelas perawatan dalam pelayanan.

Direktur RSUD Wamena dokter Felly Sahureka mengatakan Kemenkes merencanakan kebijakan yang menghilangkan kelas perawatan itu pada Juni 2023.
"Dengan keadaan kita di Papua agak sulit di berbagai macam hal, harusnya kementerian mungkin bisa lebih bijak karena dengan adanya penyesuaian kelas standar, ini artinya kami harus punya sarana lebih baik," katanya, Selasa, 21 Juni 2022.

Ia mengatakan jika kebijakan itu tetap dipaksakan untuk diterapkan, banyak tempat tidur pasien yang harus dihilangkan atau tidak lagi digunakan seperti yang dimanfaatkan pada kelas perawatan saat ini.

Baca juga: Penghapusan Kelas BPJS Kesehatan Dinilai Berikan Penyamarataan Pelayanan Kesehatan

"Kami sudah berdiskusi dengan beberapa direktur, kepala dinas, semua berat karena untuk penyesuaian dengan kebijakan kelas standar," ungkap dia.

Dokter Felly menambahkan bahwa untuk penerapan kelas standar, perlu dilakukan renovasi terhadap sejumlah bangunan RSUD Wamena yang sudah berusia di atas 20 tahun.

"Kami sudah beberapa kali merencanakan untuk kalau bisa (renovasi bangunan RSUD) dana bantuan dari DAK tetapi ternyata sudah dua tahun ini tidak terakomodasi, hanya gedung baru yang sementara dibangun. Gedung tiga lantai nanti," jelasnya.

Hingga kini RSUD Wamena memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 208 serta 17 dokter spesialis dan sejumlah tenaga medis.
 

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id