comscore

KCIC Bangun Pengganti Jembatan Antilope

Antonio - 15 Juni 2022 16:22 WIB
KCIC Bangun Pengganti Jembatan Antilope
Viral video Tol Becakayu amblas. Foto: Antara
Bekasi: PT Kereta Cepat Cina Indonesia membangun jembatan pengganti Jembatan Antilope di Pondokgede, Kota Bekasi. Saat ini, Jembatan Antilope tengah menyinta perhatian publik lantaran adanya girder box proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di atas jembatan tersebut.

Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan pembangunan jembatan pengganti itu sudah dikoordinasikan dengan Komite Keselamatan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasamarga dan PJR. 
Saat ini pembangunan jembatan pengganti sedang proses dan ditargetkan selesai pada 10 Agustus 2022. 

"Ketika sudah selesai, arus lalu lintas nantinya akan dialihkan pada jembatan baru. Sehingga jembatan lama tidak digunakan lagi oleh masyarakat," kata Dwiyana dalam keterangan tertulis, Rabu, 15 Juni 2022.

Dia menjelaskan, pemasangan girder box proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilakukan pada Senin, 13 Juni 2022. Pemasangan girder box ini tepat berada di atas jembatan Antilope.

Jembatan Antilope tetap dapat digunakan secara terbatas meski terdapat girder box yang melintas di atasnya. Jembatan Antilope tetap bisa digunakan hingga jembatan baru selesai dan proyek KCJB bisa berlanjut.

Namun, hanya untuk pengguna jalan dengan tinggi maksimal 1,7 meter yang bisa melintas. Pihaknya juga telah berdiskusi dengan Pemkot Bekasi terkait penyesuaian rekayasa lalu lintas di titik tersebut.   

"Jembatan dapat dilintasi namun disertai dengan pengawasan ketat. Sebagai bentuk pengamanan, kami lakukan beberapa aktivitas seperti memasang portal di dua sisi dan lampu penerangan, memasang pemberitahuan hingga melakukan penjagaan 24 jam," paparnya.

Baca: Teknologi Keamanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dilengkapi Penangkal Petir Hingga Proteksi Gempa

Dia menyatakan pihaknya juga menegaskan kalau pelaksanaan konstruksi tidak membahayakan bagi warga yang melintas. Pasalnya proses konstruksi tersebut sesuai dengan analisis mengenai dampak lingkungan pembangunan jembatan.

"Pelaksanaan konstruksi di jembatan Antilope sudah sesuai Amdal, disepakati, sehingga warga tetap dapat melintasi jembatan dengan berjalan kaki dan sepeda motor lewat dengan aman," ujar dia.

Untuk jalur alternatif, Dwiyana mengatakan masyarakat bisa memanfaatkan jembatan Kodam atau overpass Kodam. Jembatan Kodam Baru merupakan salah satu jembatan yang dibangun KCIC dan sudah beroperasi 29 Mei 2022. 

"Untuk lalu lintas bagi kendaraan lainnya, terdapat rute melalui overpass Kodam, Overpass Kapin, dan overpass Jatiwaringin. Kami memohon maaf karena untuk sementara ini kendaraan besar hanya dapat melalui rute tersebut," ucap Dwiyana.

Baca: Potret Kendaraan Melintasi Jembatan Antelope yang Terhalang Girder Kereta Cepat

Adapun rincian rute pengalihan arus untuk pengguna jalan adalah kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya menuju Jalan Kalimalang dialihkan menuju overpass Kodam/overpass Kapin. Lalu, kendaraan dari arah Jalan Kalimalang yang akan menuju Jalan Kemang Raya dialihkan menuju  overpass Kodam/ overpass Kapin. 

Sementara itu, kendaraan dari arah Jalan Curug yang akan menuju Jalan Kemang Raya bisa dialihkan menuju overpass Kodam/overpass Kapin. Untuk kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya yang akan menuju Jalan Curug Raya dialihkan menuju overpass Kodam/overpass Kapin.

Lalu, untuk kendaraan dari Jalan Anugerah yang akan menuju Jalan Kalimalang bisa melalui Jembatan Jatiwaringin atau overpass Kodam.

Dwiyana juga menyatakan bahwa pihaknya ingin agar seluruh proses konstruksi KCJB dapat segera rampung sehingga operasional KCJB dapat segera dirasakan oleh warga.Untuk itu segala upaya percepatan pembangunan pun dilakukan dengan tetap memperhatikan kepentingan bersama.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id