comscore

TNI Buka Lahan Relokasi Pengungsi Bencana Erupsi Gunung Semeru

Deny Irwanto - 10 Februari 2022 05:45 WIB
TNI Buka Lahan Relokasi Pengungsi Bencana Erupsi Gunung Semeru
Anggota TNI melakukan pengerjaan untuk pembukaan lahan korban bencana erupsi Gunung Semeru di kawasan Lumajang, Jawa Timur, Rabu, 9 Februari 2022. Dokumentasi/ istimewa
Lumajang: Anggota Batalyon Zeni Tempur 10 Divisi 2 Kostrad dan Batalyon Zeni Tempur 5/Arati Bhaya Wighina terus melakukan upaya penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di kawasan terdampak.

Dengan mengikuti arahan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, pekerjaan yang saat ini masih dilakukan adalah pembukaan lahan untuk relokasi para warga yang mengungsi karena tempat tinggalnya rusak akibat lava erupsi Gunung Semeru.
"Bantuan alat berat berupa 2 unit excavator dan 5 buldoser, para personel bekerja siang dan malam untuk pembukaan lahan. Untuk pekerjaan kami sangat bangga dengan TNI bahwa TNI memperlakukan operatornya dengan excavator nya siang dan malam," kata pengawas relokasi lahan pengungsian, Syafi'i, Rabu, 9 Februari 2022.

Baca: Hujan Deras, 13 Tiang Listrik di Jalan Lintas Bireuen-Takengon Tumbang

Bantuan dan penanganan terus dilakukan untuk mengembalikan kondisi lokasi-lokasi yang terdampak dari lava letusan Gunung Semeru. Dalam penanggulangan tersebut, lahan seluas 85 hektare disiapkan untuk relokasi dan telah dilakukan pengerjaan pembukaan lahan seluas 40 Hektare yang selesai dalam waktu tujuh hari.

Tak hanya itu, para personel TNI juga melakukan pembersihan jalan di Desa Kamarkajang dan Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Membersihkan rumah warga, membuat salurah air, serta melakukan penebalan tanggul penyekatan untuk mengarahkan aliran lava.

Tak hanya itu, distribusi air bersih juga dilakukan kepada warga yang berada di lokasi pengungsian.

"Terimakasih kepada Batalyon Zeni Tempur 10 Divisi 2 Kostrad dan Batalyon Zeni Tempur 5/ Arati Bhaya Wighina yang telah membantu kami untuk pengadaan air bersih sehingga kami dari dapur dan rekan-rekan yang ada di pengungsian dapat terpenuhi semua kebutuhan air," kata salah seorang pengungsi.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id