comscore

Seratusan Imigran Rohingya di Aceh Masih Menempati Tenda Darurat

Antara - 16 Maret 2022 20:02 WIB
Seratusan Imigran Rohingya di Aceh Masih Menempati Tenda Darurat
Sebanyak 114 orang etnis Rohingya yang terdiri dari 58 laki-laki, 21 perempuan dan 35 anak-anak masih menempati tenda-tenda darurat di Desa Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen. ANTARA/Rahmad
Banda Aceh: Pemerintah Kabupaten Bireuen, Aceh, menyatakan seratusan imigran Rohingya yang terdampar di pesisir pantai masih menempati tenda-tenda darurat.

"Para imigran Rohingya masih menempati tenda-tenda darurat di Desa Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen," kata Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Bireuen, Mulyadi, di Bireuen, Rabu, 16 Maret 2022.
Baca: Imigran Rohingya Akan Diberi Tempat Layak, Vaksinasi Jadi Syarat Wajib

Sebelumnya sebanyak 114 imigran Rohingya terdampar Kuala Muara Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh. Mereka terdampar di Kuala Muara, Minggu, 6 Maret 2022.

Mulyadi mengatakan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bireuen sudah melakukan rapat koordinasi lintas sektor dengan para pihak dan hasilnya imigran tersebut direlokasi ke Lhokseumawe.

Di Lhokseumawe kata Mulyadi mereka akan ditempatkan di Balai Latihan Kerja. Sebab, di tempat itu juga menjadi tempat penampungan imigran Rohingya beberapa waktu lalu.

Namun relokasi imigran Rohingya dari Bireuen ke Balai Latihan Kerja Kota Lhokseumawe belum bisa dilakukan. Sebab, Pemerintah Kabupaten Bireuen masih menunggu rekomendasi dari Pemerintah Kota Lhokseumawe.

"Kami juga sampai saat ini belum mendapatkan izin dari Pemerintah Kota Lhokseumawe untuk memindahkan para imigran Rohingya tersebut," ungkap Mulyadi.

Kepala Bagian Hubungan Internal dan Eksternal UNHCR Perwakilan Indonesia, Mitra Suryono, mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak otoritas dan mitra kerja guna meningkatkan tempat penampungan bagi imigran Rohingya.

"Para pengungsi Rohingya ini membutuhkan tempat bernaung yang baik dan tidak terekspos bahaya. Kami akan terus memastikan pengungsi mendapatkan tempat penampungan baik dan dapat menunjang kondisi mereka," kata Mitra Suryono.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id