comscore

Panitia Konser Musik di Lippo Plaza Yogyakarta Jadi Tersangka

Ahmad Mustaqim - 14 Juni 2022 18:44 WIB
Panitia Konser Musik di Lippo Plaza Yogyakarta Jadi Tersangka
Lokasi terjadinya bentrok saat konser musik di Lippo Plaza Yogyakarta. Medcom.id/Mustaqim
Yogyakarta: Kepolisian di Kota Yogyakarta menetapkan penyelenggara konser musik di Mal Lippo Plaza Yogyakarta jadi tersangka. Penetapan itu buntut dari kerusuhan saat konser pada Minggu malam, 12 Mei 2022. 

Kapolsek Gondokusuman Kompol Surahman mengatakan panitia konser terbukti lalai hingga kegiatan berujung rusuh. Hal itu dikuatkan dengan tak adanya perizinan yang dimiliki panitia. 
"Penetapan tersangka ini karena kelalaian dari pada penyelenggara yang tanpa izin resmi dari pihak kepolisian (menyelenggarakan konser)," kata Surahman saat dihubungi, Selasa, 14 Juni 2022. 

Sebelumnya, pihak panitia menyebut acara konser rutin diselenggrakan dalam beberapa bulan terakhir. Sebelum kejadian dua hari lalu, konser berjalan lancar. 

Menurut Surahman, panitia harus mengajukan izin keramaian kendati acara telah berjalan reguler. Ia menyatakan surat pemberitahuan yang dilayangkan panitia ke polisi tak cukup jadi dasar menggelar keramaian. 

"Dengan mengumpulkan massa lebih dari 500 sampai 1.000 (orang) itu minimal itu ke Polres. Kecuali, kegiatan misalnya kaya unjuk rasa, cukup surat pemberitahuan," ujarnya. 

Baca: Gubernur DIY Pertanyakan Izin Konser Musik Lippo Plaza

Surahman menyatakan aparat menjerat panitia dengan Pasal 510 KUHP tentang mengadakan keramaian umum tanpa izin. Berkas kasus itu dilimpahkan ke pengadilan dan dinilai masuk kategori tindak pidana ringan (Tipiring). 

Selain itu, aparat juga mendalami dugaan adanya provokator yang disampaikan panitia. Provokator itu disebut menyulut massa menjebol pintu masuk hingga berujung kerusuhan dengan 11 orang luka. 

"Kami lakukan penyelidikan kaitannya dengan adanya provokator atau tidak, karena sampai saat ini belum ada laporan daripada pihak korban," ucapnya.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id