3 Calon Sekda Jabar di Tangan Jokowi

    Roni Kurniawan - 03 Januari 2020 17:16 WIB
    3 Calon Sekda Jabar di Tangan Jokowi
    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan
    Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, telah mengajukan tina nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat ke Presiden Joko Widodo untuk dipilih dan dilantik. Tiga nama telah muncul setelah melalui proses lelang jabatan secara terbuka yang dilakukan Pemprov Jabar sejak 2019 silam.

    Tiga nama calon Sekda Jabar yang telah lolos seleksi hingga wawancara terakhir, yakni Dedi Taufik yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja kini selaku Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, dan Yerry Yanuar selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat.

    "Ada tiga nama, Pak Iwan, Pak Dedi Taufik dan Pak Yeri. Sudah diajukan ke Presiden, (Jokowi)" ujar pria yang akrab disapa Emil di Bandung, Jumat, 3 Desember 2019.

    Emil menuturkan, keputusan calon yang akan dipilih nanti merupakan wewenang dari Jokowi. Pasalnya Pemprov Jabar hanya memiliki kewajiban untuk melelang jabatan terbuka hingga proses seleksi akhir wawancara.

    "Karena pemilih sekda itu presiden, Mendagri, Menpan RB, BKM pusat dan BIN," tutur Emil.

    Bahkan diakui Emil, tiga nama calon yang disodorkan tersebut belum tentu akan dipilih salah satunya oleh Jokowi. Namun ia tetap berharap Jokowi memberikan yang terbaik bagi orang nonor tiga di Jabar nanti.

    "Dan tidak semua aspirasi gubernur dikabulkan, jadi kita penuhi saja," pungkasnya 

    Sementara itu, kini posisi Sekda Jabar diemban oleh Daud Ahmad sebagai Penjabat (Pj). Daud. Dia dilantik pada September 2019 silam usai Sekda Jabar, Ika Karniwa, ditetapkan sebagai tersangka kasus karupsi proyek Meikarta.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id