NasDem Desak Pimpinan DPRD Demak Rombak AKD

    Rhobi Shani - 16 November 2019 20:13 WIB
    NasDem Desak Pimpinan DPRD Demak Rombak AKD
    Ilustrasi Medcom.id/ Rakhmat Riyandi
    Demak: Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak, Jawa Tengah, selesai menyusun Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Namun penyusunan AKD dinilai tidak proporsional dan profesional. Partai NasDem mendesak pimpinan DPRD Kabupaten Demak segera melakukan penyusunan ulang AKD.

    Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Demak, Budi Achmadi, mengatakan fraksi NasDem hanya diundang sekali dalam rapat penyusunan AKD. Pada rapat-rapat selanjutnya fraksi NasDem tidak pernah dilibatkan.

    "Hasilnya seperti sekarang. NasDem yang mestinya berdasar perhitungan proporsional mendapat dua posisi menjadi tidak dapat apa-apa," kata Budi saat dikonfirmasi, Sabtu, 16 November 2019.

    Budi mendesak pimpinan DPRD Kabupaten Demak segera menyusun ulang AKD. Perombakan itu bisa dilakukan berdasarkan rapat pimpinan atau mosi tidak percaya.

    "Jadi tidak perlu lama-lama, minggu depan mestinya bisa dilakukan, dasarnya rapat pimpinan," jelas Budi.

    Saat ini AKD diisi PDI Perjuangan lima posisi. Kemudian PKB dan Partai Gerindra tiga posisi. Lalu Partai Golkar tiga posisi. Berdasarkan perhitungan secara proporsional dan profesional, PDI Perjuangan mestinya empat posisi, Partai Golkar dapat dua posisi, dan Partai NasDem mendapat dua posisi.

    Ketua Lembaga Study Kebijakan Publik (LSKP) Jawa Tengah, Rifai, mengatakan pembagian AKD mestinya dilakukan secara proporsional dan demokratis. Untuk menjaga kondusifitas lembaga DPRD, maka semua harus diakomodir untuk mengisi posisi AKD.

    "Dalam hal ini NasDem tidak terakomodir dalam Alat Kelengkapan Dewan, bisa jadi deal-deal politik antarparati politik itu sendiri tidak ketemu. Atau ada indikasi kesengajaan dari kekuatan partai yang ingin menguasai alat kelengkapan dewan ini untuk menyingkirkan NasDem," kata Rifai.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id