Apeksi dan Festival Budaya Nusantara III Jadi Momen Perkenalkan Kota Tangerang

    M Studio - 04 Desember 2019 17:40 WIB
    Apeksi dan Festival Budaya Nusantara III Jadi Momen Perkenalkan Kota Tangerang
    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memimpin persiapan (Rakorkomwil) III Apeksi. Apeksi diselenggarakan pada 4-6 Desember 2019 (Foto:Dok.Pemkot Tangerang)
    Tangerang: Kota Tangerang memiliki dua hajatan besar pada Desember 2019, yakni menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Festival Budaya Nusantara III. 

    Waktu pelaksanaan kedua event berbeda itu beriringan. Apeksi pada 4-6 Desember 2019, Festival Budaya Nusantara III pada 5-8 Desember 2019.

    Guna memastikan penyelenggaraan Apeksi berjalan lancar, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama wakil Sachrudin membahas persiapan dari tiap-tiap SKPD yang terlibat.

    Persiapan meliputi pengamanan, kesiapan penginapan, jalur penjemputan peserta, city tour, kebersihan, lalu lintas, dan lainnya.

    "Di hotel tempat peserta menginap kami menyediakan majalah LIVE, Koran Benteng, dan brosur-brosur terkait Kota Tangerang, karena ini jadi kesempatan kita untuk mengenalkan Kota Tangerang kepada daerah lain," jelas Wali Kota Arief.

    Ia juga menyoroti kesiapan kuliner yang akan disuguhkan untuk para tamu. Kuliner harus mencirikan identitas Kota Tangerang.

    "Yang pasti harus makanan khas Kota Tangerang, snack kecilnya kalau perlu hingga boksnya didesain khas Kota Tangerang agar ada ciri khasnya," kata dia.

    Wali Kota Arief juga menginstruksikan kepada DLH, Dishub, dan Satpol PP untuk berkoordinasi terkait jalur lalu lintas dan kebersihan selama acara berlangsung.

    "Jalur tempat berlangsungnya acara harus bersih. Pastikan armada hingga personel yang dibutuhkan cukup untuk mengakomodir. Satpol PP dan Dishub juga agar diploting jalur-jalur pengamanan," kata Wali Kota Arief.

    Terkait city tour, Disbubpar, Dishub, dan kecamatan/kelurahan yang terlibat diminta turun ke lapangan untuk menyempurnakan kekurangan.

    "Contohnya, taman. Pagar-pagarnya sudah dibersihkan belum. Koordinasikan dengan warga di kampung tematik agar siap saat pelaksanaan city tour. Di TLR dan City Gallery juga sama, harus ada tour guide yang menjelaskan," kata Wali Kota Arief.

    Apeksi dan Festival Budaya Nusantara III Jadi Momen Perkenalkan Kota Tangerang 
    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama wakil Sachrudin membahas persiapan (Rakorkomwil) III Apeksi dari tiap-tiap SKPD yang terlibat (Foto:Dok.Pemkot Tangerang)

    Dia menegaskan seluruh SKPD yang terlibat dapat bekerja sama dengan baik untuk menyukseskan Apeksi di Kota Tangerang.

    "Tentunya kita ingin penyelenggaraan Apeksi berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat memberikan inspirasi dan kesan terbaik bagi peserta daerah lain yang hadir," ucapnya.
     

    Festival Budaya Nusantara III


    Sesuai namanya, festival tahunan ini akan menampilkan parade budaya dari 25 kota, tari kolosal yang melibatkan lebih dari 200 pelajar, hingga berbagai lomba kesenian dan kebudayaan.

    Beberapa lomba di antaranya Lomba Fashion Carnaval, Lomba Musik Tradisi, Lomba Lenong Betawi, Lomba Seni Liong Naga, Lomba Seni Barongsai, Lomba Fotografi, dan Lomba Kuliner khas Kota Tangerang (khusus PKK se-Kota Tangerang).

    "Festival Budaya Nusantara III bertujuan untuk mempopulerkan keragaman budaya di Kota Tangerang," ucap Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

    Pelaksanaan Festival Budaya Nusantara III akan dipusatkan di kawasan Taman Elektrik, pusat pemerintahan Kota Tangerang. Disbudpar Kota Tangerang menyiapkan panggung utama sebagai venue diselenggarakannya berbagai kegiatan. 

    Selain menampilkan budaya Indonesia, beberapa negara tetangga ikut serta dalam Festival Budaya Nusantara III yaitu Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

    Negara-negara tersebut akan mengikuti seluruh rangkaian acara mulai dari pembukaan hingga penutupan, dan akan menampilkan kesenian khas masing-masing. Selain itu akan hadir sejumlah artis ibu kota untuk semakin memeriahkan suasana. 

    Diharapkan melalui Festival Budaya Nusantara III akan memikat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Kota Tangerang.

    "Semua masyarakat Kota Tangerang yang mempunyai waktu bisa datang untuk menyaksikan Festival Budaya Nusantara. Selain memberikan hiburan, ada juga unsur edukasi karena menampilkan budaya bukan hanya dari Kota Tangerang," kata Wali Kota Arief.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id