Mendikbud Segera Terapkan Rotasi Guru Per Zonasi

    Pythag Kurniati - 01 Agustus 2019 19:03 WIB
    Mendikbud Segera Terapkan Rotasi Guru Per Zonasi
    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat kunjungan ke SMPN 10 Solo, Jawa Tengah, Kamis, 1 Agustus 2019. Medcom.id/ Pythag Kurniati.
    Solo: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memastikan akan segera menerapkan rotasi guru pada sistem zonasi. Hal itu dilakukan agar kualitas pendidik dapat merata di setiap sekolah.

    Dalam kunjungannya ke SMPN 10 Solo, Muhadjir menjelaskan bahwa rotasi masih akan dilakukan di dalam zonasi. "Sementara rotasi masih di dalam zonasi, kecuali terpaksa," kata Muhadjir di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 1 Agustus 2019.

    Muhadjir meminta para guru tidak perlu khawatir akan dirotasi hingga ke daerah yang jauh. "Tidak sampai kota atau provinsi lain, masih dalam zonasi," ujarnya.

    Meski Mendikbud belum memulai, beberapa daerah sudah lebih dahulu memulai sistem rotasi. Salah satunya Solo yang sudah beberapa tahun menerapkan.

    Untuk memperkuat aturan, sistem zonasi akan diubah menjadi berbentuk Perpres. "Tidak cukup dengan peraturan menteri," kata dia.

    Regulasi sistem zonasi itu juga akan mengatur sistem rotasi guru. Muhadjir menilai rotasi guru bakal dilakukan yg tiap empat sampai enam tahun.

    "Kalau guru SD kan guru kelas, harusnya selalu mendampingi murid sejak kelas 1 sampai lulus kelas 6," ungkapnya.

    Sedangkan guru SMP, SMA dan SMK akan akan dirotasi 4 tahun sekali. "Kalau guru SMP SMA kan pegang mata pelajaran, bukan per kelas," pungkasnya.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id