Aceh Berstatus Zona Oranye Covid-19

    Fajri Fatmawati - 02 Desember 2020 15:08 WIB
    Aceh Berstatus Zona Oranye Covid-19
    Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani. (Foto: Istimewa)
    Banda Aceh: Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh menyatakan positivity rate berdasarkan hasil analisis data per 29 November 2020, Aceh berada dalam rentang nilai 1,81-2,40. Angka tersebut masuk kategori risiko sedang atau zona oranye penyebaran covid-19.

    “Kabupaten Aceh Tenggara dan Aceh Barat Daya yang dua minggu lalu masih berada di zona kuning, kini menjadi zona oranye,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Rabu, 2 Desember 2020.

    Saifullah menjelaskan, Kabupaten Aceh Barat Daya dan Aceh Tenggara yang sebelumnya masuk kategori zona kuning karena nilai skornya masing-masing 2,42 dan 2,43, turun ke angka 2,4 dan 2,39 atau kategori zona oranye.

    "Meski sudah zona oranye, namun Aceh Barat Daya dan Aceh Tenggara memiliki peluang sangat besar untuk kembali meraih zona kuning pada pekan depan karena nilainya masih mendekati rentang nilai zona kuning," lanjut dia.

    Baca juga: Rumah Mahfud MD di Pamekasan Dijaga Ketat

    Sementara itu, wilayah Aceh Selatan juga memiliki peluang besar menuju zona kuning dengan nilai skor saat ini 2,38. Sebab, batas bawah rentang nilai zona kuning antara 2,41-3,0. Sebaliknya, Aceh Singkil dan Simeulue nilai skor-nya masih di bawah rata-rata Aceh 2,07, dan sangat dekat dengan zona merah.

    "Peta zonasi risiko daerah ini penting diketahui untuk merawat semangat Satgas Covid-19 kabupaten/kota meningkatkan tracing, testing, dan treatment," ucap Saifullah.

    Saifullah berharap agar setiap lapisan masyarakat tetap disiplin dan konsisten menjalankan 3 M, yakni menjaga jarak dan menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan sesering mungkin di bawah air yang mengalir.

    Sementara itu, jumlah kasus akumulatif covid-19 Aceh sejak 27 Maret 2020, mencapai 8.301 orang. Penderita yang dirawat saat ini 1.034 orang, sembuh 6.948 orang, dan 319 orang meninggal.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id