Khofifah Minta Disnaker Kabupaten/Kota Pahami Utuh UU Ciptaker

    Amaluddin - 14 Oktober 2020 15:58 WIB
    Khofifah Minta Disnaker Kabupaten/Kota Pahami Utuh UU Ciptaker
    Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengikuti rakor bersama Menkopolhukam Mahfud MD di Jakarta, Rabu, 14 Oktober 2020. (Dok: Pemprov Jatim)
    Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta seluruh jajaran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kabupaten/kota memahami utuh dan seksama UU Cipta Kerja. Sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat mengomunikasikan isi UU kepada masyarakat dengan baik. 

    "Pemprov akan membentuk tim dari berbagai elemen strategis untuk menelaah, memahami, dan menyosialisikan UU Cipta Kerja. Saya harap Kabupaten/Kota juga bisa mengimbangi agar UU ini dipahami utuh, tidak sepotong-sepotong dan akhirnya bias," kata Khofifah, di Jakarta, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Khofifah mengaku, masih mempelajari detail UU tersebut. Utamanya, pasal-pasal yang dinilai kontroversial dan mengganjal pekerja dan buruh.

    "Misalnya terkait pesangon, hak cuti, sertifikasi halal dan hal substantif lainnya. Poinnya bagaimana UU ini dapat dipahami utuh dan tidak terjadi disinformasi," terangnya.

    Baca: Draf UU Ciptaker Tiba di Istana

    Khofifah mengungkapkan, selain bersama-sama memahami UU Cipta Kerja, diskusi soal pemahaman terhadap UU perlu dilakukan. Sehingga, nantinya diperoleh persepsi yang sama dan pemahaman secara komprehensif tentang UU Cipta Kerja. 
    "Mari kita diskusikan bersama, kita undang pakar yang memang benar-benar memahami isi dan esensi UU Cipta Kerja setelah itu kita sosialisasikan secara komprehensif," ujarnya.

    Khofifah berharap, para ASN, akademisi, tokoh masyarakat, perwakilan buruh, dan mahasiswa bersedia masuk dalam tim tersebut. Sehingga bisa membantu menyosialisasikan UU Cipta Kerja kepada masyarakat luas. 

    "Harapannya makin banyak elemen masyarakat yang membantu menyosialisasikan UU Cipta Kerja setelah melakukan tela'ah dan memahaminya, makin signifikan untuk mengurangi dispute dan menjelaskan detail antara narasi yang benar dan narasi yang hoaks," tukasnya.

    Baca: Draf Final UU Ciptaker Diserahkan ke Pemerintah

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id