2021, Khofifah Alokasi Anggaran Pendidikan Rp11,8 Triliun

    Amaluddin - 17 November 2020 12:31 WIB
    2021, Khofifah Alokasi Anggaran Pendidikan Rp11,8 Triliun
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengalokasikan anggaran untuk pendidikan sebesar Rp11,8 triliun. Angka itu separuh lebih atau 51,74 persen dari total RAPBD Jatim tahun 2021.

    "Urusan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar pendidikan dialokasikan sebesar Rp11,868 triliun, kira-kira 51,74 persen dari belanja Perangkat Daerah pada RAPBD 2021," kata Khofifah, di Surabaya, Selasa, 17 November 2020.

    Khofifah menjelaskan bahwa angka 51,74 persen itu diprioritaskan untuk peningkatan layanan mutu pendidikan di Jatim. Di antaranya Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP), Honorarium kinerja guru non PNS, pembangunan/perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, serta untuk Bantuan Operasional Daerah untuk Lembaga Madrasah Diniyah (BOSDA-MADIN).

    "Tujuannya untuk meringankan beban biaya operasional sekolah bagi peserta didik pada sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah daerah maupun oleh masyarakat," katanya.

    Baca: Polisi Kantongi Ciri Pembegal Perwira TNI di Bintaro

    Setelah pendidikan, alokasi anggaran terbesar kedua adalah bidang kesehatan sebesar Rp4,478 triliun atau 19,52 persen dari belanja Perangkat Daerah pada RAPBD Jatim TA 2021. "Untuk alokasi pada Dinas Kesehatan sebesar Rp455,4 miliar lebih dengan prioritas pada JKN," ujarnya.

    Sementara untuk Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 kedua dalam kerangka RPJMN memiliki empat fokus. Yaitu pemulihan industri, pariwisata, dan investasi, kedua untuk reformasi sistem kesehatan Nasional, ketiga untuk reformasi sistem jaring pengaman sosial, dan keempat untuk reformasi sistem ketahanan bencana. 

    Kata Khofifah, prioritas tersebut telah sesuai dengan arah pembangunan Jatim, seperti yang tercantum dalam RKPD tahun 2021 yang bertema Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial, dengan fokus pembangunan pemulihan industri, pariwisata, dan Investasi, reformasi sistem kesehatan Jatim, reformasi sistem perlindungan sosial, reformasi sistem ketahanan kebencanaan dan optimalisasi agrobisnis berbasis sinergitas Desa-Kota. 

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id