Sejumlah Jalan di Cianjur Rusak

    Media Indonesia.com - 20 November 2020 08:17 WIB
    Sejumlah Jalan di Cianjur Rusak
    Alat berat membersihkan jalan dari material longsor di jalan utama Cianjur-Sukanagara, Sukanagara, Cianjur, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Iman Firmansyah
    Cianjur: Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rusak akibat bencana hidrometeorologi. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengatakan bencana hidrometeorologi yang terjadi kerap berdampak pada kondisi infrastruktur jalan.

    "Ada memang beberapa ruas jalan yang rusak akibat bencana. Tapi ada juga ruas jalan yang hanya tertutup material tanah longsor," kata Eri saat dikonfirmasi, Kamis malam, 19 November 2020.

    Baca: Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Pulau Siberut

    Eri menjelaskan untuk penanganan infrastruktur jalan rusak akibat bencana, pihaknya menunggu penetapan status kebencanaannya. Jika kepala daerah menetapkan status tanggap darurat bencana di daerah yang terkena bencana, maka penanganannya akan ditanggulangi menggunakan biaya tak terduga (BTT).

    Sebaliknya jika tidak ada penetapan status tanggap darurat bencana, maka akan diambil langkah-langkah darurat. Selanjutnya penanganan pascabencana dilakukan Dinas PUPR.

    "Artinya tidak ada penetapan status tanggap darurat bencana. Minimalnya dalam kondisi darurat kendaraan bisa lewat dulu," jelasnya.

    Secara umum kondisi jalan mantap di Kabupaten Cianjur mendekati akhir tahun ini diprediksi mencapai sekitar 63% atau 819 kilometer dari panjang jalan berstatus milik kabupaten sepanjang 1.300 kilometer.

    Berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), pada 2021 target jalan mantap di Kabupaten Cianjur bisa mencapai 65%. "Tapi kita berusaha agar jalan mantap bisa lebih dari itu (target RPJMD). Setiap tahun kita selalu evaluasi," ujar Eri.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id