comscore

Warga Lebak Diminta Waspada Hujan Lebat Sore Hari

Antara - 12 April 2022 14:28 WIB
Warga Lebak Diminta Waspada Hujan Lebat Sore Hari
ilustrasi Medcom.id
Lebak: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, meminta warga mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang berpotensi terjadi sore hari. Kondisi tersebut diprediksi bisa terjadi setiap saat.
 
"Kami berharap masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan," kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama, di Lebak, Selasa, 12 April 2022.

Baca: Sebanyak 394 Warga Kota Medan Bertahan di Rumah saat Banjir
 
Wilayah Kabupaten Lebak merupakan daerah potensi bencana alam karena kondisi alamnya perbukitan, pegunungan, dan aliran sungai. Menurut Febby potensi bencana alam itu di antaranya banjir, longsor, angin puting beliung, kebakaran hingga pergerakan tanah.
 
BPBD Kabupaten Lebak memetakan daerah rawan bencana alam tersebar di Kecamatan Rangkasbitung, Warunggunung, Cikulur, Cileles, Gunung Kencana, Banjarsari, Cimarga ,Cijaku, Wanasalam, Bayah, Cibeber, Cilograng, Curugbitung, Cipanas, Sobang, Lebak Gedong, dan Sajira.
 
Dengan demikian, masyarakat yang tinggal di lokasi bencana alam agar waspada menyusul hujan lebat disertai angin kencang dan petir, terlebih memasuki pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau.
 
"Kami tetap warga waspada untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa," jelas Febby.
 
Sementara sejumlah warga korban tanah bergerak di Kampung Jampang Kuning, Kabupaten Lebak mengatakan bahwa mereka kini tinggal di tenda pengungsian guna menghindari kecelakaan tertimpa bangunan rumah roboh.
 
Kebanyakan kondisi rumah mereka mengalami kerusakan berat dan membahayakan.
 
"Kami bersama anggota keluarga sejak tiga hari terakhir menginap di tenda karena hujan lebat disertai angin kencang, " kata Muhadi, 44, warga Jampang Kemuning, Kabupaten Lebak.
 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id