comscore

Ganjar Lepas Ekspor Produk UMKM Senilai Rp250 Juta

Mustholih - 13 Januari 2022 15:57 WIB
Ganjar Lepas Ekspor Produk UMKM Senilai Rp250 Juta
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melepas ekspor produk UMKM, Kamis, 13 Januari 2022. Dokumentasi/ Humas Pemprov Jateng
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melepas ekspor 6,3 ton produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) senilai Rp250 juta dengan tujuan Singapura. Pengiriman itu dilakukan di tengah tertutupnya akses ekspor dengan menggunakan kapal.

"Kami mencarikan produk yang akan dikirim untuk ekspor. Perdana ini ke Singapura. Kita buka peluang dengan visibilitas bisnis yang ada seperti Tiongkok, Jepang, dan lainnya," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Kamis, 13 Januari 2021.
Baca: Baliho Nyapres Bertebaran, Ridwan Kamil: Dukungan adalah Doa

Ganjar mengatakan pihaknya menggunakan pesawat kargo Garuda Indonesia untuk menerbangkan produk UMKM tersebut. Dia berharap ekspor ini bisa kembali dilakukan dalam waktu dekat untuk meningkatkan ekonomi daerah.

"Kami sampaikan terima kasih dengan Garuda (PT Garuda Indonesia) karena sekian space (ruang) disediakan untuk produk UMKM dengan ongkos yang didiskon," jelas Ganjar.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Arif Sambodo, mengataka produk UMKM yang diekspor ini berupa produk perikanan dan foto album.

Menurut Sambodo neraca ekspor non-migas produk Jateng ke Singapura itu sampai dengan Oktober 2021 mencapai 72 juta USD. Neraca ini tumbuh 20% dibanding pada 2020 dengan periode yang sama.

"Produk unggulan ke Singapura adalah furniture, garmen. Dari 10 besar itu kebanyakan produk industri pengolahan ada IKM. Untuk produk holtikultura dan perikanan nomor 10. Itu potensi. Ada juga potensi ekspor ke Singapura adalah alas kaki, barang dari kulit. Secara keseluruhan ekspor untuk alas kaki tumbuhnya bagus. Demikian pula dari kulit," ungkap Sambodo.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id