Puluhan Batu Mirip Arca Ditemukan di Tasikmalaya

    Antara - 11 Februari 2020 19:58 WIB
    Puluhan Batu Mirip Arca Ditemukan di Tasikmalaya
    Petugas memeriksa kondisi patung batu di kawasan wisata Batu Mahpar, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Adeng Bustomi)
    Tasikmalaya: Puluhan batu dengan beragam ukuran dan bentuk menyerupai arca ditemukan terkubur di kawasan wisata Batu Mahpar, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

    "Batu-batuan itu terbentuk secara alami, bahkan sebelum destinasi wisata dibuka sejumlah batu sudah ditemukan," kata pegawai destinasi wisata Batu Mahpar, Nais Siti Nuraisyah, di lokasi temuan batu, di Tasikmalaya, Selasa, 11 Februari 2020.

    Ia menuturkan, sebelumnya petugas hanya menemukan satu patung batu yang terlihat dari permukaan tanah. Kemudian pengelola wisata berinisiatif menggali secara besar-besaran dan menemukan banyak batu dengan beragam bentuk.

    Penggalian secara massal itu, kata dia, sengaja dilakukan pengelola wisata mengisi koleksi museum. Pihaknya menyadari ada batuan-batuan yang terkubur di sekitar wisata Batu Mahpar yang merupakan benda peninggalan zaman dulu.

    "Karena mau dibuka museum, jadi butuh artefak dan bahan kuno, akhirnya digali dan menemukan banyak (batu)," jelas dia.

    Menurut Nais, batuan hasil galian ada yang berbentuk manusia kerdil, monyet, ganesha, peralatan memasak zaman dulu, dan bentuk lainnya. Benda-benda itu akan disimpan guna mengisi koleksi museum yang segera diresmikan.

    Terkait penelitian temuan, Nais menambahkan pihaknya mempersilakan arkeolog untuk memeriksa batuan yang telah diangkat dari dalam tanah. "Kita memang belum undang arkeolog, tapi kalau mereka mau meneliti silakan saja," pungkasnya.




    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id