Pendaki dari Padang Jatuh di Gunung Marapi

    Antara - 10 Februari 2020 08:09 WIB
    Pendaki dari Padang Jatuh di Gunung Marapi
    Ilustrasi: Medcom.id
    Bukittinggi: Pendaki asal Lubuk Buaya, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Reyhan Fadila, 17, terjatuh saat turun dari Tugu Abel, Gunung Marapi. Insiden ini menyebabkan Reyhan terluka sehingga tidak dapat berjalan.

    "Dia naik bersama seorang rekannya. Korban sudah ditemukan dan kondisinya mengalami luka-luka di bagian kepala, kaki, dan tangan," kata Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota, Robi Saputra, Minggu, 9 Februari 2020.

    Menurut dia, Reyhan jatuh pukul 10.00 WIB. Laporan masuk ke Pos SAR Limapuluh Kota sekitar pukul 12.45 WIB.

    Tim evakuasi berjumlah 25 orang dari SAR Limapuluh Kota, Palang Merah Indonesia (PMI), Bukittinggi Rescue Team (BRT), dan komunitas pendaki, diturunkan. Mereka mengangkut korban sekitar pukul 19.00 WIB.

    Proses evakuasi diperkirakan memakan waktu. Pasalnya, tim harus mengangkut korban dengan tandu dari gunung berketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

    "Untuk perjalanan normal kami ke atas butuh waktu tiga sampai empat jam. Jika membawa korban dengan tandu bisa lebih lama lagi. Semoga cuaca juga mendukung sehingga perjalanan turun tidak terhambat," ujar dia.

    Pendaki dari Padang Jatuh di Gunung Marapi
    Lanskap kaldera Gunung Marapi dalam gugusan Bukit Barisan di Sumatra Barat, Jumat, 10 April 2013. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia

    Pukul 00.00 WIB, Senin, 10 Februari 2020, tim sudah tiba di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Satu jam kemudian tim tiba di posko pendakian Koto Baru.

    "Sesampai di posko pendakian, survivor direncanakan langsung dibawa ke Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi untuk perawatan lebih lanjut," tambah Robi.

    Saat evakuasi, Reyhan dalam kondisi sadar. Luka lecet di bagian tangan dan kaki serta luka robek di bagian kepala sudah diobati tim.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id