Hunian Tetap Korban Longsor Bogor Rampung April 2020

    Antara - 02 Februari 2020 10:04 WIB
    Hunian Tetap Korban Longsor Bogor Rampung April 2020
    Foto udara di Kampung Sinar Harapan, Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Foto: ANT/GALIH PRADIPTA
    Cibinong: Bupati Bogor Ade Yasin menargetkan pembangunan hunian tetap (huntap) untuk korban bencana di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, rampung sebelum pada April 2020. Ade memprioritaskan pembangunan huntap.

    "Demi kenyamanan masyarakat, hunian sementara yang layak menjadi prioritas kami, dan pembangunan hunian tetap dipersiapkan selesai sebelum bulan Ramadan," ujar Ade di Pendopo Bupati, Cibinong Kabupaten Bogor, Sabtu, 1 Februari 2020, melansir Antara.

    Berdasarkan data terakhir, bencana banjir dan longsor yang terjadi pada Rabu, 1 Januari 2020, menyisakan 14.010 pengungsi berasal dari empat kecamatan. Yakni dengan rincian dari Kecamatan Cigudeg sebanyak 922 orang, Kecamatan Sukajaya sebanyak 9.926 orang, Kecamatan Nanggung sebanyak 3.121 orang, dan Kecamatan Jasinga sebanyak 41 orang.

    Peristiwa awal 2020 itu menyebabkan kerusakan material yakni bangunan rumah sebanyak 1.092 unit rusak berat, 1.625 unit rusak sedang, dan 1.334 unit rusak ringan. Kejadian tersebut juga menyebabkan korban tewas sebanyak delapan orang, dan tiga orang hilang kini dinyatakan meninggal. Kemudian, 12 orang mengalami luka berat, dan 517 orang mengalami luka ringan.

    Ade mengatakan seiring selesainya masa tanggap darurat bencana pada Kamis, 30 Januari 2020, pihaknya fokus merehabilitasi, relokasi, revegetasi, dan berupaya meningkatkan kualitas manajemen kebencanaan.

    "Kami akan lakukan pemasangan sistem peringatan dini, normalisasi kembali sungai, penghijauan kembali lahan, serta edukasi untuk meningkatkan kapasitas desa tangguh bencana," tuturnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id