Perangkat Desa di Jepara Masuk Daftar Penerima Bansos

    Rhobi Shani - 13 Mei 2020 14:44 WIB
    Perangkat Desa di Jepara Masuk Daftar Penerima Bansos
    Perangkat mengurus penyerahan berkas persyaratan pencairan di Disospermades Jepara. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
    Jepara: Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) untuk warga terdampak covid-19 di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, bermasalah. Sejumlah nama perangkat desa dan keluarga perangkat desa menerima bantuan.

    Seperti yang terjadi pada Kepala Desa Kawak Kecamatan Pakis Aji, Eko Herry Purwanto. Tak cuma dia, istrinya, istri sekretaris desa, dan istri perangkat desa bidang keagamaan pun masuk sebagai penerima manfaat. Padahal ia mengaku tak pernah mengajukan diri atau mengusulkan.
     
    “Kami tidak tahu kenapa bisa masuk data penerima bantuan Kartu Keluarga Sejahtera (Bantuan Pangan Non Tunai). Tapi kami pastikan, bantuan ini tidak akan diambil. Jadi kami tangguhkan,” ujar Eko, Rabu, 13 Mei 2020.

    Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Desa Tedunan, Kecamatan Kedung, Ahmad Zen. Ada tiga perangkat desa di wilayahnya yang menerima BST transfer dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai.

    Baca juga: Dinsos Tangsel Akui Data Penerima Bansos Bermasalah

    "Istri saya sebagai carik (sekretaris desa), istri perangkat desa, dan atas nama perangkat desa sendiri. Kemudian istri petinggi (kepala desa) juga terdata sebagai penerima,” kata Ahmad Zen.

    Sampai saat ini dana BST belum digunakan dan rencananya akan dikembalikan dengan menunggu mekanisme pengembalian sesuai petunjuk Dinsospermades. Adapun Bantuan Pangan Non Tunai untuk istri petinggi ditangguhkan.

    “Kami saat menerima bantuan juga bingung, kok bisa istri kami menerima, padahal desa tidak pernah mengajukan,” pungkas Ahmad Zen.

    Sementara itu, ada tujuh jenis bantuan untuk masyarakat terdampak covid-19. Yaitu, Progam Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Reguler, BPNT Covid, BST Transfer, BST Kantor Pos, BPNT Covid Provinsi, BPNT Covid Kabupaten, BST Dana Desa.

    Dari tujuh jenis bantuan tersebut, penerima bantuan penanggulangan dampak covid-19 yang merupakan usulan dari desa, yaitu penerima BST Dana Desa, BPNT provinsi, dan BPNT kabupaten.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id