Taman Nasional Ujung Kulon Segera Dibuka

    Antara - 23 Juni 2020 14:01 WIB
    Taman Nasional Ujung Kulon Segera Dibuka
    Sejumlah warga sedang menikmati pemandangan pantai di salah satu objek wisata di Kabupaten Pandeglang, Banten. (FOTO ANTARA/Mulyana)
    Pandeglang: Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Kabupaten Pandeglang, Banteng, siap dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah covid-19. Kawasan TNUK telah masuk kategori zona hijau.

    "Insyaallah sebentar lagi dibuka wisata di Taman Nasional Ujung Kulon. standar operasional prosedur (SOP)-nya sudah kita siapkan, tinggal tunggu surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," kata Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) Andri Firmansyah di Pandeglang, Selasa, 23 Juni 2020, melansir Antara.

    Andri mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan SOP yang harus diterapkan pelaku wisata dan pengunjung TNUK untuk meminimalisasi penyebaran covid-19. Dia meminta para pelaku wisata dan wisatawan untuk sedikit bersabar, menunggu TNUK kembali dibuka.

    "Nantinya pada saat sektor wisata konservasi sudah dibuka, diimbau wisatawan dan pelaku wisata untuk mengikuti aturan tersebut," katanya.

    Baca: Besok Wisata Pantai di Gunungkidul Dibuka

    Dia menjelaskan, penerapan SOP yang akan diberlakukan berdasarkan instruksi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nasional. Mulai dari protokol kesehatan hingga manajemen krisis tingkat operasional di tiap kawasan.

    "Kita mengacu kepada Keputusan Menkes No. HK. 01.07/MENKES/382 tahun 2020 mengenai protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian covid-19," terangnya.

    Namun, dia belum bisa memastikan kapan TNUK dibuka. Pihaknya berupaya agar dibuka pada Juni 2020. Tapi, dia menegaskan bakal menutup kawasan wisata bila melanggar ketentuan dan tidak menerapkan protokol kesehatan.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id