50 Ribu Keluarga di Jombang Akan Terima Bansos Beras

    Amir Zakky - 16 September 2020 15:25 WIB
    50 Ribu Keluarga di Jombang Akan Terima Bansos Beras
    Dinsos Jombang dan Bulog Subdivre Surabaya Selatan, Lakukan Pengecekan Kualitas Beras Untuk Bansos, di Gudang Bulong, Tunggorono, Jombang
    Jombang: Sebanyak 50.933 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, akan menerima Bantuan Sosial Beras (BSB) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Dalam program ini, setiap keluarga akan mendapatkan bansos beras sebanyak 15 kilogram per bulan.

    Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jombang, M. Saleh, mengatakan distribusi bansos akan dilakukan pada akhir September. Penyaluran pada KPM akan di lakukan sebanyak dua kali setelah pada Agustus, penyaluran tidak bisa dilaksanakan akibat masih dalam situasi pandemi covid-19.

    “Sejatinya program pemerintah pusat ini dimulai pada Agustus hingga Oktober. Namun, adanya pandemi covid-19, program BSB baru dapat dilaksanakan pada September. Sehingga untuk September, KPM PKH akan menerima beras 30 kilogram, dan bulan Oktober KPM PKH akan menerima 15 kilogram, " ujar M. Saleh, di gudang Bulog, Tunggorono, Jombang, Rabu 16 September 2020.

    Dikatakan Saleh, kualitas beras yang digunakan untuk program BSB memiliki kualitas medium. Proses distribusi akan dikawal secara ketat dengan melibatkan para pendamping PKH guna memastikan program tersebut tersalurkan.  Sementara, sebagai penyalur beras, pemerintah pusat melalui Kemensos telah menunjuk perum Bulog.

    “Untuk BSB ini, Pemerintah pusat melalui Kemensos telah menunjuk Bulog selaku penyedia beras. Dan PT DNR sebagai transporter. Tugas transporter akan mendistribusikan beras mulai dari gudang Bulog sampai ke titik pembagian, bisa di balai desa, atau ke ketua kelompok KPM PKH. Makanya Jika nantinya ditemukan beras tidak sesuai kualitas di KPM, pihak Bulog yang akan bertanggungjawab untuk mengganti beras tersebut,” terang Saleh.

    Sementara, Kepala Cabang Bulog Surabaya Selatan, Renatu Horizon, membenarkan jika nantinya Bulog yang akan menjadi penyedia komoditi beras dalam program BSB untuk KPM PKH. Bulog menyebut akan berkomitmen menjaga kualitas beras sesuai ketentuan yang sudah diberlakukan.

    “Yang pertama kita lakukan reproses menggunakan mesin, dengan kalsorter, itu agar menjamin berasnya cukup baik, sehingga KPM puas. Jadi manakala ada beras yang kurang atau tidak layak diterima KPM, kita yang akan mengganti dengan beras yang sesuai dengan ketentuan," ujar Renatu Horizon, saat mengecek ketersediaan beras di gudang Bulog, Tunggorono.

    (ALB)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id