6 Warga Ogan Ilir Kedapatan Beli Surat Bebas Covid-19

    Media Indonesia.com - 03 Juli 2020 14:34 WIB
    6 Warga Ogan Ilir Kedapatan Beli Surat Bebas Covid-19
    Ilustrasi rapid test (Foto: Dokumentasi/Medcom.id)
    Bangka Barat: Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung (Babel), menangkap enam warga Ogan Ilir, Sumatra Selatan, yang diduga membuat dokumen hasil rapid test palsu untuk memasuki wilayah setempat.

    Kapolres Bangka Barat AKB Fedriansah mengatakan keenam orang itu menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Api-Api Sumsel ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat, pada Rabu, 1 Juli 2020.

    Awalnya, petugas Pelabuhan Tanjung Kaluan Muntok mencurigai kesamaan nomor pasien dan laboratorium di surat rapid test yang diberikan enam penumpang tersebut.

    "Surat hasil rapid test dikeluarkan oleh RSUP Dokter Muhammad Husein Palembang, dan kami duga enam surat hasil rapid test ini palsu," kata Fedriansah, Jumat, 3 Juli 2020.

    Baca juga: Bupati Lumajang Izinkan Wisata Bromo Dibuka Lagi

    Ia menyebutkan enam surat hasil rapid test diduga palsu itu digunakan RD, 30; EF, 30; AX, 36; dan SL, 43; untuk bekerja sebagai buruh harian. Kemudian oleh IH, 29, karyawan swasta dan AS, 28, untuk bertani. Keenam orang itu merupakan warga Kecamatan Kandis, Kabupaten Ogan Ilir.

    "Kita sudah berkoordinasi dengan Polres Banyuasin Sumsel untuk mengusut pelaku yang membuat surat rapid test palsu itu," kata dia.

    Penyelidikan awal, lanjut Ferdiansah, para pelaku mengaku membeli surat hasil rapid test palsu agar dapat menyeberang dengan lebih cepat dan mudah tanpa rapid test. Surat itu dibeli seharga Rp250 ribu per orang.

    "Penumpang yang menggunakan rapid test palsu dan yang membuat pemalsuan tetap kami proses. Pasal yang dilanggar dan ancaman hukuman Pasal 263 ayat 2 sub pasal 268 ayat 2 KUHP," tegas dia. (Rendy Ferdiansyah)

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id