Desa Berprestasi di Jabar Bakal Dapat Maskara

    Roni Kurniawan - 05 Februari 2020 13:12 WIB
    Desa Berprestasi di Jabar Bakal Dapat Maskara
    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni)
    Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akan kembali membagikan 100 unit mobil multifungsi, Mobil Asiprasi Kampung Juara atau Maskara. Program Maskara diluncurkan pada Juni 2019, untuk desa-desa berprestasi.

    "Alhamdulillah, mobil Maskara yang multifungsi ini dipakai warga desa untuk akad nikah dan jualan kopi desa. Ada 100-an desa akan mendapatkan Maskara," ujar Ridwan Kamil, Rabu, 5 Februari 2020.

    Emil, sapaan akrabnya, menuturkan, Maskara punya lima fungsi utama. Selain sebagai angkutan penumpang, Maskara bisa digunakan untuk mengangkut hasil pertanian, panggung hiburan, fasilitas nonton bareng, hingga mobil klinik desa. 

    "Karena jumlahnya terbatas, (Maskara hanya) diberikan ke desa yang punya kriteria berprestasi. Ukuran prestasinya ada di dinas desa. Tentang penyerapan anggaran, multidimensi pembangunan ada rapornya," beber Emil.

    Menurut Emil, Maskara menjadi program unggulan Pemprov Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa). Pengadaan Maskara berawal dari suara masyarakat yang kerap kesulitan akomodasi untuk mengangkut orang sakit menuju fasilitas pelayanan kesehatan hingga acara hiburan.

    "Jadi saya ingin mendapat cerita mobil ini dimanfaatkan. Saya ingin membuktikan, uang rakyat kembali ke rakyat," pungkasnya.

    Sebelumnya, DPM-Desa Jabar telah memberikan 120 unit Maskara ke desa-desa di Jabar yang dinilai berprestasi. Sebesar Rp49 miliar pun digulirkan untuk pengadaan kendaraan ala robot Transforme itu pada 2019.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id