Papua Butuh Rapid Test dan Alat Pelindung Diri

    Roylinus Ratumakin - 23 Maret 2020 13:28 WIB
    Papua Butuh Rapid Test dan Alat Pelindung Diri
    Salah satu masyarakat saat membaca imbauan terkait penyebaran covid-19 di Papua. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
    Jayapura: Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua menyatakan pihaknya membutuhkan rapid test dan dan alat pelindung diri bagi petugas medis yang menangani pasien dalam pengawasan (PDP) virus korona.

    Juru bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule, mengatakan, pihaknya telah meminta Kementerian Kesehatan agar segera mengirimkan peralatan rapid test ke Papua.

    “Banyak orang jual (rapid test kit) tapi kami tetap menunggu rekomendasi dari Kemenkes. Kami tidak berani melakukan pengadaan karena segala sesuatu harus ada rekomendari dari Kemenkes,” kata Silwanus, Senin, 23 Maret 2020.

    Silwanus mengungkapkan telah mengajukan 5.000 set alat pelindung diri (APD) juga perangkat rapid test. Ia mengaku persediaan APD tak sebanding dengan penanganan yang harus diberikan kepada PDP.

    Baca juga: Dua PDP Korona di Sumsel Meninggal

    "Kami berharap kepada kabupaten dan kota untuk tidak melakukan penumpukan APD, khususnya bagi kabupaten yang belum terpapar virus korona," ujarnya.

    Silwanus meminta pemerintah daerah saling membantu dengan mendistribusikan APD ke rumah sakit yang membutuhkan. Kendati, ia memahami setiap daerah berupaya melakukan pencegahan dengan mempertahankan stok APD yang dipuyai.

    "Tapi ada baiknya bisa disumbangkan kepada daerah yang sudah terpapar sehingga tingkat penyebarannya bisa diminimalisasi,” katanya.

    Ia menambahkan pihaknya juga akan mendapatkan bantuan APD dari Kemenkes sebanyak 250 set. Setelan APD akan didistribusikan ke kabupaten yang sudah terpapar covid-19.

    “Salah satunya akan dikirim ke Kabupaten Merauke, karena Papua bagian selatan sudah ada yang positif covid-19,” pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id