Fasum se-Yogyakarta Disterilisasi

    Ahmad Mustaqim - 22 Maret 2020 12:41 WIB
    Fasum se-Yogyakarta Disterilisasi
    Kegiatan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Yogyakarta. Foto: Humas Pemerintah DIY. (Foto: Istimewa)
    Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyemprotkan cairan disinfektan di hampir seluruh fasilitas publik untuk membatasi penyebaran vurus korona. Kawasan ikon wisata seperti Malioboro dan Tugu Yogyakarta menjadi salah satu sasaran disinfeksi.

    “Kegiatan reresik (bersih-bersih) Jogja dilaksanakan di seluruh wilayah DIY. Dimulai dari seputaran Tugu Jogja,” kata Kepala Pelasana BPBD DIY, Biwara Yuswantana, Minggu, 22 Maret 2020. 

    Biwara menjelaskan petugas dan relawan yang bergerak, sekaligus menyosialisasikan pencegahan serta penanganan covid-19 menggunakan kendaraan keliling. 

    “Penyemprotan disinfektan ini akan menyebar ke berbagai arah hingga ke kabupaten/kota. Kegiatan ini juga akan berlanjut pada hari berikutnya dengan mengajak masyarakat, relawan dan Posko Terpadu Penanganan Covid-19 Pemda DIY,” jelasnya. 

    Baca juga: Wisma Altet untuk Pasien Ringan Korona

    Menurut dia, masyarakat Yogyakarta memiliki modal sosial yang sangat baik untuk mengatasi potensi penyebaran virus korona. Ia menjelaskan masyarakat Yogyakarta berpengalaman menangani berbagai bencana.

    “Saat ini kita tidak hanya berhadapan dengan covid-19, namun juga dengan kekhawatiran masyarakat. Sebagian yang tidak peduli, pro, dan kontra pemberitaan, serta banyaknya berita yang tidak benar di media sosial,” kata dia. 

    Ia menambahkan, upaya menjaga jarak sosial harus sekaligus membangun kesadaran mengeratkan persaudaraan. Langkah menjaga jarak sosial itu untuk mengurangi risiko diri sendiri dan orang lain terhadap ancaman covid-19. 

    “Batalkan semua kegiatan yang ada kumpulan massa, jaga imunitas, dan berperilaku hidup sehat. Bersihkan lingkungan tempat tinggal serta melakukan disinfeksi mandiri,” katanya. 



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id