Petugas Masih Cari Satu Korban Longsor di Nganjuk

    Antara - 19 Februari 2021 10:28 WIB
    Petugas Masih Cari Satu Korban Longsor di Nganjuk
    Petugas mencari korban tanah longsor di Dusun Selopuro, Desa/Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, yang dilaporkan hilang, Senin (16/2/2021). ANTARA Jatim/ Ach



    Nganjuk: Petugas gabungan dari Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk, TNI/polri serta relawan masih mencari satu korban tanah longsor di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Pencarian korban ini sudah memasuki hari keenam.

    "Pencarian hari ini dilanjutkan. Kemarin sudah lima yang berhasil ditemukan, sekarang masih satu," kata Kepala Basarnas Jatim, Hari Adi Purnomo, di Nganjuk, Jumat, 19 Februari 2021.




    Baca: Kota Madiun Tambah Posko PPKM Skala Mikro

    Dia menjelaskan petugas sebelumnya juga sudah mengidentifikasi titik-titik dimungkinkan korban berada dengan bantuan anjing pelacak.

    Ia juga menambahkan pencarian tidak dilanjutkan pada Kamis, 18 Februari 2021 kendati tinggal satu orang yang belum ditemukan. Selain faktor cuaca, kondisi fisik dari para relawan terutama operator eskavator juga menjadi pertimbangan.

    "Operator eskavator sudah beberapa hari, sehingga recovery yang cukup. Semoga tidak ada masalah, sehingga bisa bekerja dengan baik," jelasnya.

    Menurutnya dalam pencarian juga tetap dimulai dengan briefing serta pengarahan oleh petugas. Tim tetap dibagi di sektor A dan sektor B di lokasi kejadian, untuk memudahkan pencarian.

    Namun pihaknya tetap membatasi jumlah personel yang di lokasi tanah longsor, sekitar 30 orang demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Di lokasi dari penelitian yang dilakukan ahli geologi terdapat rekahan-rekahan baru, sehingga harus diantisipasi.

    "Kami diskusi dengan tim geologi, memang ada rekahan di atas kemudian masih ada air di tanah, sehingga kami lakukan dengan alat early warning sitem yang sederhana, manual itu sebagai tanda kalau ada apa-apa," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id