Lansia non-KTP Yogyakarta Boleh Ikut Vaksinasi Covid-19

    Ahmad Mustaqim - 09 Maret 2021 17:18 WIB
    Lansia non-KTP Yogyakarta Boleh Ikut Vaksinasi Covid-19
    Ilustrasi--Vaksinasi lansia di Kota Tangerang, Banten. (Foto: Medcom.id/Hendrik)



    Yogyakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta keluarga, tetangga, maupun perangkat desa membantu pendataan lansia untuk mengikuti vaksinasi covid-19. Hal ini diperlukan untuk memudahkan lansia agar bisa terfasilitasi memperoleh vaksin. 

    “Sejak akhir Februari kami sudah bersurat agar pemerintah desa (membantu) melakukan pendataan lansia,” kata Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Lana Unwanah, di Kompleks Balaikota Yogyakarta, Selasa, 9 Maret 2021.






    Lana mengatakan, pemerintah setempat mempersilakan lansia yang domisili di Kota Yogyakarta mengikuti vaksinasi. Baik yang ber-KTP Kota Yogyakarta maupun luar daerah.

    Baca juga: Seorang Warga Sumsel Disebut Pernah Terpapar Covid-19 B117

    Ia melanjutkan, lansia ber-KTP luar Kota Yogyakarta harus menghitung waktu tinggal dengan penyuntikan vaksin covid-19 dosis pertama dan kedua. Jarak penyuntikan vaksin dosis pertama dengan kedua untuk lansia 28 hari. 

    Menurutnya, pendaftaran vaksinasi covid-19 bagi lansia di Kota Yogyakarta bisa diakses melalui Yogyakarta.kemkes.go.id. Lana mengingatkan, pendamping lansia sebisa mungkin memandu agar data yang dimasukkan saat pendaftaran bisa valid, termasuk nomor induk kependudukan (NIK). 

    “NIK yang dipakai harus valid, tidak salah memasukkan angka. Seperti angka nol tapi yang diketik ‘O’, ini tidak bisa diterima sistem,” ujarnya. 

    Selain itu, pendamping harus memilihkan fasilitas kesehatan untuk lansia. Misalnya, akan di klinik, puskesmas, atau rumah sakit. Namun, pemerintah lebih menyarankan lansia memilih fasilitas kesehatan rumah sakit untuk vaksinasi. 
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id