comscore

19 Terduga Teroris di Makassar Diserahkan ke Mabes Polri

Muhammad Syawaluddin - 04 Februari 2021 13:38 WIB
19 Terduga Teroris di Makassar Diserahkan ke Mabes Polri
Dikawal Ketat, 19 Terduga Teroris Diberangkatkan ke Jakarta. AFP
Makassar: Sebanyak 19 orang terduga teroris di Kota Makassar, Sulawesi Selatan diberangkatkan ke Jakarta. Belasan terduga teroris tersebut diberangkatkan guna menjalani pemeriksaan lanjutan di Mabes Polri. 

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Merdisyam, mengatakan bahwa belasan terduga teroris tersebut ditetapkan sebagai tersangka lantaran saat proses penangkapan dan penyelidikan polisi menemukan rangkaian bom. 
"Dari hasil pemeriksaan ditemukan fakta bahwa tersangka dengan inisial AA telah membuat rangkaian bom berupa rangkaian sistem elektrik pust on atau pust off," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 4 Februari 2021.

Baca: Honor Pemikul Jenazah Covid-19 di TPU Cikadut Rp2,6 Juta

Merdisyam mengatakan, belasan terduga teroris yang terhubung dengan kasus pengeboman Gereja di Jolo tersebut diancam Pasal 15 Junto Pasal 7 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 dengan ancaman hukuman maksimal seumur hidup. 

Sebelumnya, ada sebanyak 20 orang yang diduga masuk dalam jaringan teroris di Kota Makassar ditangkap oleh polisi. Penangkapan dilakukan di beberapa lokasi, salah satunya di Perumahan Villa Mutiara, Rabu, 6 Januari 2021 kemarin. 

Puluhan terduga jaringan teroris JAD tersebut ditangkap dari beberapa lokasi. Dua dari puluhan yang ditangkap tewas ditembak lantaran mencoba melakukan perlawanan.

Jaringan yang terpusat di Villa Mutiara Makassar itu merupakan jaringan JAD. Bersama dengan ratusan lainnya melakukan baiat terhadap khilafah atau ISIS pada tahun 2015 di Ponpes Ar Ridho pimpinan Ustadz Basri yang meninggal di nusa kambangan. 

Terduga pelaku ditangkap merupakan jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sulawesi Selatan. Mereka diduga terlibat dalam pengeboman salah satu gereja di Philipina.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id