Karhutla di Sumsel Turun 70%

    Gonti Hadi Wibowo - 10 November 2020 12:38 WIB
    Karhutla di Sumsel Turun 70%
    ?Kebakaran hutan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel. Foto: Humas BPBD Sumsel.
    Palembang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Selatan mencatat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel mengalami penurunan sebesar 70 persen. Penurunan ini karena musim kemarau tahun 2020 lebih basah ketimbang pada 2019.

    "Jika dilihat dari perbandingan jumlah titik hotspot, tahun ini hanya 4.232 titik hotspot, sedangkan tahun lalu 17.024 titik hotspot. Artinya Karhutla di Sumsel turun 70 persen," kata Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori, Selasa, 10 November 2020.

    Ansori mengatakan dari 1 Januari 2020 hingga 3 November 2020 ada 268 hektare lahan yang terbakar. Dengan rincian penyumbang terbesar yakni Kabupaten Banyuasin 103 hektare dan Ogan Ilir 97,4 hektare. Sedangkan pada 2019 ada 328.457 hektare lahan yang terbakar.

    Baca: Menteri LHK Tegaskan Kolaborasi Bersama Berhasil Cegah Karhutla

    Selain itu, faktor lain yang membuat Karhutla menurun lantaran Pemprov Sumsel telah menetapkan status siaga darurat pada awal tahun. Serta masyarakat yang sadar untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

    "Meski tahun ini masih tersisa dua bulan lagi tetapi peluang kebakaran lahan itu kecil karena Sumsel mulai memasuki musim penghujan hingga Maret 2021 nanti," jelasnya.

    Ansori menjelaskan, untuk peralatan dan personel satgas baik kepolisian dan TNI tingkat provinsi sudah ditarik semua dari lapangan. Sedangkan satgas tingkat Kabupaten dan Kota masih tetap berjaga di kantor BPBD setempat. 

    "Saat ini kami fokus dalam mengatasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Kemarin juga seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin Gubernur Sumsel juga telah melaksanakan apel kesiapsiagaan terpadu antisipasi bencana," terangnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id