Surabaya Hapus Denda PBB untuk Peringati Hari Jadi ke-728

    Amaluddin - 02 April 2021 07:00 WIB
    Surabaya Hapus Denda PBB untuk Peringati Hari Jadi ke-728
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menghapus denda Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), berlaku pada 1 April-30 Juni 2021. Kebijakan tersebut sekaligus menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728 pada 31 Mei.

    "Pembebasan denda PBB pada saat HJKS ini merupakan insentif, yang diberikan oleh pemerintah kepada warga secara rutin," kata Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD), Rachmad Basari, di Surabaya, Kamis, 1 April 2021.






    Baca: YIA Sediakan 2 Ribu Kantong Plastik GeNose C19

    Kali ini penghapusan PBB berlaku selama tiga bulan, lebih panjang dari sebelumnya yang hanya berlaku satu bulan. Relaksasi ini diberlakukan karena masih dalam kondisi pandemi covid-19.

    "Karena ini berkaitan dengan covid akhirnya, tempo atau waktunya diperpanjang tujuannya untuk mendongkrak ekonomi. Jadi kami berlakukan selama tiga bulan," jelas Basari.

    Basari mengaku terus gencar melakukan sosialisasi kebijakan pembebasan denda PBB itu. Salah satunya menerjukan 15 mobil pajak yang setiap hari keliling di kantor kelurahan, untuk melayani warga membayar pajak.

    "Kami juga sudah komunikasi dengan UPT, dan kami minta warga untuk saling menginformasikan. Jadi saling membagikan informasi supaya semakin masif," ungkapnya.

    Basari menghitung data tunggakan dan pajak pokok yang terekam sejak tahun 1994 hingga 2021 itu mencapai Rp1 triliun. Oleh sebab itu, dia menargetkan tahun 2021 angka yang terealisasi berjumlah Rp1.3 miliar. "Nah sampai dengan hari ini sudah masuk Rp 205 miliar atau 14,81 persen," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id