Warga Aceh Barat Diwajibkan Tes Kesehatan Jika Cuti Bersama

    Antara - 28 Oktober 2020 01:19 WIB
    Warga Aceh Barat Diwajibkan Tes Kesehatan Jika Cuti Bersama
    ilustrasi Medcom.id
    Meulaboh: Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mewajibkan seluruh masyarakat melakukan tes kesehatan berupa tes cepat (rapid test) atau tes usap (swab) sebelum bepergian ke luar daerah untuk melakukan cuti bersama. Pengecekan dilakukan untuk memastikan tidak ada penyebaran covid-19 di masyarakat.

    "Tes kesehatan ini wajib dilakukan untuk melindungi anggota keluarga atau orang lain yang dikunjungi, agar nantinya tidak terpapar covid-19," kata Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS, di Meulaboh, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Baca: Arus Lalu Lintas Libur Panjang Landai

    Dia menjelaskan kebijakan tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Aceh Nomor: 061.2/15201 tanggal 22 Oktober 2020 tentang Antisipasi Penyebaran Covif-19 pada libur dan cuti bersama tahun 2020.

    Menurut Ramli MS bagi masyarakat yang dinyatakan positif covid-19 juga diminta agar tidak melakukan perjalanan ke luar daerah dan melakukan karantina mandiri atau menggunakan fasilitas kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah daerah.

    Begitu juga ketika warga Aceh Barat kembali dari luar daerah, juga disarankan kembali melakukan tes kesehatan seperti tes cepat atau tes usap untuk memastikan warga yang melakukan perjalanan, tidak terpapar virus korona.

    Ia juga meminta kepada Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Barat agar memperkuat sistem pengawasan termasuk di setiap desa di kabupaten setempat, untuk mencegah penyebaran penyakit mematikan tersebut.

    "Untuk menjaga agar sebuah desa terbebas dari Covid-19, agar pengunjung dapat memperlihatkan surat kesehatan yang menjelaskan bahwa pengunjung tersebut negatif dari covid-19," ujar Ramli MS.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id