Ratusan Pasien Covid-19 di Makassar Jalani Isolasi Apung

    Muhammad Syawaluddin - 02 Agustus 2021 22:13 WIB
    Ratusan Pasien Covid-19 di Makassar Jalani Isolasi Apung
    Pasien covid-19 mulai menjalani isolasi mandiri di Kapal Umsini milik PT. Pelni. Istimewa.



    Makassar: Pemerintah Kota Makassar resmi membuka lokasi isolasi mandiri apung di Kapal Umsini. Sebanyak, 100 pasien Covid-19 mulai menjalani isolasi apung yang menjadi program Pemkot Makassar itu. 

    Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan ada  100 orang lebih yang terdaftar untuk menjalani isolasi mandiri di kapal milik PT. Pelni tersebut. Ratusan pasien tersebut berasal dari puluhan Puskesmas yang tersebar di Kota Makassar. 

     



    "Ada 47 puskesmas, rata-rata tiap puskesmas mendaftarkan beberapa orang pasien Covid-19," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 2 Agustus 2021.

    Tenaga kesehatan dan dokter disiagakan memantau kondisi pasien. Belasan tenaga kesehatan itu, kata Danny belum termasuk petugas logistik, tim motivator, tim hiburan atau rekreasi. 

    "Intinya kita siapkan per hari satu sip 15 orang tenaga kesehatan dengan 1 dokter paru sebagai penanggung jawab," jelasnya. 

    Baca: Pemprov Sulsel Siapkan Lahan Baru Pemakaman Khusus Covid-19

    Danny mengungkapkan, seluruh pasien yang terdata dan lulus pemeriksaan di setiap Puskesmas masing-masing akan menjalani masa isolasi sekitar 7 hingga 10 hari. Kapal akan bersandar saat masa isolasi selesai dan pengisian bahan bakar. 

    "Jadi kalau kapal kembali ke dermaga kita ganti lagi pasiennya. Itu jika kondisi tempat tidur memang sudah dalam keadaan terisi sesuai kuotanya," katanya. 

    Jumlah ranjang akan ditambah jika permintaan isolasi mandiri meningkat.  "Memang saat ini kita hanya gunakan 804 tempat tidur, tapi kalau ada keadaan darurat saya minta tambah sampai 900," ungkapnya. 

    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id