comscore

Bangga Buatan Indonesia, Gerakan untuk Menumbuhkan Ekonomi Desa

MetroTV - 02 September 2021 14:11 WIB
Bangga Buatan Indonesia, Gerakan untuk Menumbuhkan Ekonomi Desa
Pemerintah bakal memberikan lebih banyak pelatihan bagi pelaku usaha untuk mempersiapkan usaha mikro dan bumdes go online. Metro TV
Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meluncurkan gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia" di Kalimantan Timur. Gerakan ini berupaya mendorong ekonomi perdesaan lewat badan usaha milik desa (bumdes)

“Pelaku UMKM para pengelola Bung Desa dan Bung desa bersama, marketplace, Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia diharapkan terlibat dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.” ucap Mendes PDTT Abdul Halim dalam Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis 2 September 2021.
Kalimantan Timur, kata Abdul Halim, memiliki 1.670 mitra binaan yang bergerak di sektor perdagangan, jasa, industri, perkebunan, pertanian, serta peternakan. Dia yakin pemerintah dapat memacu warga menjadi wirausawahan jika berhasil memetakan potensi kekayaan alam dan sumber daya manusia.

Pemerintah bakal memberikan lebih banyak pelatihan bagi pelaku usaha untuk mempersiapkan usaha mikro dan bumdes go online. Pemanfaatan teknologi diyakininya bakal memperluaa pasar di era digital.

“Konsumen diharapkan lebih memilih barang barang buatan dalam negeri terlebih produk produk UMKM dan produk bung desa dan pemerintahan.” ucap Abdul Halim

Pemerintah tengah mengupayakan penyaluran Rp4,2 triliun untuk program digital kreatif UMKM via Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia di Kalimantan Timur ini juga melibatkan pemerintah setempat, PT Pertamina, dan Bank Indonesia.

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id