PNS Humas di Yogyakarta Biasa Bekerja di Rumah

    Patricia Vicka - 13 Agustus 2019 19:50 WIB
    PNS Humas di Yogyakarta Biasa Bekerja di Rumah
    Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokoler Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji di Yogyakarta. (Medcom.id/Patricia Vicka)
    Yogyakarta: Pegawai negeri sipil (PNS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyambut baik rencana PNS kerja di rumah. PNS di bagian Humas Biro Umum Pemda DIY telah menerapkan PNS kerja di rumah.

    Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokoler Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji, menjelaskan pihaknya menetapkan sistem kerja yang fleksibel kepada PNS yang bertugas di lapangan. Salah satunya, PNS yang bertugas memberitakan dan mendokumentasikan kegiatan gubernur dan wakil gubernur.

    "Ada beberapa PNS yang tugasnya meliput acara seperti wartawan dan fotografer. Mereka enggak harus siaga di kantor. Tapi tetap harus ke kantor misalnya untuk mengedit berita," jelas Ditya pada Medcom.id di Kantor Kepatihan Yogyakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.

    PNS dibolehka bekerja di rumah pada kesempatan tertentu. Namun, PNS yang bekerja di rumah harus mengantongi izin dan Surat Penugasan Tertulis (SPT). Presensi PNS lapangan juga dibuat fleksibel. 

    "Misalnya mereka harus liputan ke tempat yang jauh untuk meliput acara Pak Gubernur dan Wakil Gubernur sampai malam. Mereka enggak harus balik ke kantor lagi untuk sekadar presensi. Tapi nanti presensi bisa menyusul," tutur Ditya.

    Demi mempertahankan produktivitas, dirinya membagi pekerjaan dengan jelas sebelum PNS keluar kantor. Dia menetapkan batas waktu dan target pekerjaan yang harus dikumpulkan PNS bidang humas.

    "Untuk laporan kita sudah menerapkan papperless. bisa dilaporkan pekerjaan soft copy via email," kata dia.

    Ditya menegaskan sistem kerja tersebut tidak bisa diterapkan di semua bagian. Khususnya yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik. 

    Direktur Umum dan Operasional Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Sardjito Yogyakarta, Rini Sunaring Putri, mengatakan pihaknya sudah menerapkan sistem PNS kerja di rumah kepada para dokter.

    Selama ini para dokter tidak harus berada di kantor selama jam kerja. Para dokter PNS diberi kebebasan meninggalkan rumah sakit usai selesai praktek memeriksa pasien.

    "Dokter juga harus mengikuti pendidikan atau seminar untuk upgrade ilmu. Nah yang itu bisa dilakukan di mana pun termasuk di rumah," kata Rini.

    Keduanya berharap pemerintah pusat membuat sistem penerapan dan pengawasan yang jelas sebelum kebijakan tersebut dijalankan.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id