Sinar Laser dan Layang-layang Jadi Ancaman Penerbangan

    Hendrik Simorangkir - 20 Desember 2019 18:00 WIB
    Sinar Laser dan Layang-layang Jadi Ancaman Penerbangan
    Ketua Umum Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) Capt. Rizky Budimansyah Juzar (kanan) saat berada di Gedung Air Traffic Service Center Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
    Tangerang: Ketua Umum Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) Capt. Rizky Budimansyah Juzar menyebut ada beberapa faktor yang menjadi ancaman keselamatan penerbangan saat ini. Burung, sinar laser, dan layang-layang menjadi salah satu ancaman tersebut.

    "Hal tersebut merupakan ancaman yang membahayakan penerbangan, meskipun kita selalu mengantisipasi hal tersebut, misalnya dengan pemasangan alat penangkal burung, sosialisasi kepada masyarakat sekitar bandara dan sebagainya," ujar Rizky, Jumat, 20 Desember 2019. 

    Rizky menuturkan terdapat beberapa kasus yang mengancam penerbangan seperti benang layang-layang tersangkut ke badan pesawat dan sinar laser yang mengarah ke cockpit pesawat. Hal tersebut tentunya sangat membahayakan pesawat.

    "Kita sedang mengembangkan aplikasi yang nantinya akan digunakan untuk menyosialisasikan tentang apa saja yang membahayakan penerbangan dari sisi pengguna jasa, maupun dari sisi masyarakat sekitar bandara. Nantinya ada konten-konten berupa video yang dapat ditonton masyarakat mengenai keselamatan penerbangan," jelasnya.

    Rizky berharap dengan adanya aplikasi tersebut dapat dengan cepat terinformasikan kepada masyarakat luas mengenai keselamatan penerbangan.

    "Yang kita inginkan adalah aplikasi ini bisa dibuka oleh pengguna jasa untuk mengingatkan diri apakah ketika mereka mau terbang, sudah mematuhi semua aturan yang ada, juga kepada masyarakat sekitar bandara untuk mengetahui akibat jika memang melakukan pelanggaran yang mengancam keselamatan penerbangan," katanya.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id