Gempa Buleleng Tidak Berpotensi Tsunami

    Antara, MetroTV - 14 November 2019 19:27 WIB
    Gempa Buleleng Tidak Berpotensi Tsunami
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Denpasar: Gempa magnitudo 5,1 skala richter mengguncang Bali, tepatnya di barat daya Buleleng. Gempa dilaporkan terjadi pukul 18.21 WITA, Kamis, 14 November 2019. 

    "Kami tegaskan bahwa informasi resmi wilayah tiga Denpasar, gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali Made Rentin, saat Headline News Metro Tv. 

    Dia mengatakan sempat berkembang informasi tidak bertanggung jawab soal adanya air surut, sehingga membuat kepanikan warga. Dia memastikan informasi tersebut tidak benar. 

    "Kalau ada informasi simpang siur, sirine berbunyi kemudian air surut, kami menyakinkan itu tidak benar. Oleh karena itu kami imbau untuk tetap tenang dan kembali ke rumah masing-masing. Semua dalam posisi aman terkendali," jelasnya. 

    Dia mengungkap dampak guncangan gempa mengakibatkan kerusakan bangunan rumah warga. Dia mengaku belum mendapat laporan korban jiwa. 

    "Kami imbau warga tetap tenang ikuti infomrasi resmi yang dikeluarkan oleh BMKG," katanya. 

    Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.16 LS dan 114.9 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 21 kilometer arah Barat Kota Buleleng, Bali, pada kedalaman 10 kilometer. 

    Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, mengatakan gempa bumi tersebut jenis gempa bumi dangkal, akibat adanya aktivitas sesar naik belakang busur. 

    "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik oblik atau oblique thrust," katanya.

    BMKG mencatat telah terjadi sebanyak sembilan kali aktivitas gempa bumi susulan hingga pukul 19.00 Wita. Dia menjelaskan guncangan gempa bumi tersebut dilaporkan terasa di daerah Buleleng dengan skala III -
    IV MMI, di wilayah Denpasar, Mataram, Jembrana dan Jimbaran, Mengwi, Dalung, Kuta dengan skala III MMI.

    "Selain itu gempa bumi dirasakan di wilayah Banyuwangi serta Lombok Barat dengan skala II MMI," jelasnya.




    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id