Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Ditetapkan Tersangka

    Mustholih - 15 Januari 2020 13:42 WIB
    Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Ditetapkan Tersangka
    ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
    Semarang: Kepolisian Daerah Jawa Tengah menetapkan sepasang suami istri, Totok Santosa dan Fanni Aminadia (Dyah Gitarja) sebagai tersangka. Mereka dijerat dengan pasal penipuan dan pembuat keonaran karena mendeklarasikan diri sebagai Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat (KAS) di Purworejo, Jawa Tengah.

    "Begitu ditangkap langsung ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng, Komisaris Besar Iskandar Fitriana Sutrisna, Rabu, 15 Januari 2020.

    Iskandar menjelaskan jika Totok Santosa dan Fanni ditangkap Polda Jateng pada pukul 18.00 WIB, Selasa, 14 Januari 2020. Mereka dijerat dengan pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 tentang 1946 tentang menyiarkan kabar bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran dan pasal 378 KUHP tentang penipuan.

    Dalam melakukan penyidikan ini, kata Iskandar, Polda Jateng sampai saat ini sudah memeriksa 20 saksi. Sebagian besar saksi yang diperiksa merupakan anggota KAS. "17 orang dari keanggotaan KAS dan tiga warga sekitar," jelas Iskandar.

    Menurut Iskandar para anggota KAS diduga merupakan korban penipuan. Mereka agar bisa menjadi anggota KAS dipungut uang puluhan juta rupiah. "Korban ini dimintai uang mulai Rp3 juta hingga Rp30 juta. Korban dijanjikan mendapatkan gaji setiap bulannya dengan bentuk uang dolar," pungkas Iskandar.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id