Mengintip N250, Pesawat Pertama Buatan Habibie

    Roni Kurniawan - 12 September 2019 18:18 WIB
    Mengintip N250, Pesawat Pertama Buatan Habibie
    Pesawat N250 Gatot Kaca rancangan BJ Habibie. Medcom.id/Roni
    Bandung: Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menjadi orang pertama yang berhasil merancang pesawat terbang di Indonesia. Bahkan kemampuan Habibie tersebut membawa Indonesia terdepan di dunia dalam bidang dirgantara.

    N250 atau Gatot Kaca merupakan pesawat pertama yang dirancang dan sekaligus dibuat Indonesia pada 1995. Konsep pembuatan N250 pun dihitung secara matang oleh Habibie sejak 1986.

    N250 merupakan pesawat terbang yang dicita-citakan Habibie sejak menekuni dunia kedirgataraan. Keteguhan Habibie pun membuahkan hasil pada tahun 1995, karena N250 berhasil terbang perdana sekaligus pembuktian Indonesia terhadap dunia terkait kedirgataraan.

    "Memang pada saat itu Pak Habibie, cita-cita beliau membuat satu pesawat terbang buatan Indonesia sendiri. Ini karya anak bangsa," kata Plt Sekertaris PT Dirgantara Indonesia, Irlan Budiman saat ditemui di Hanggar Delivery Service PT DI, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis, 12 September 2019.

    Saat itu, lanjut Irlan, menjadi momen bersejarah dan sangat membanggakan bagi warga Indonesia khususnya Habibie karena telah berhasilkan mewujudkan cita-cita. N250 pun yang membuat Habibie semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia.

    "Artinya ketika terbang perdana itu menunjukkan kepada dunia bahwa saat itu PT DI atau IPTN pada saat itu dalam hal ini melalui Pak Habibie mampu menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu membuat pedawat terbang," ungkapnya.

    Hal itu pun sebagai pembuktian kepada dunia bahwa Indonesia memiliki teknologi untuk membuat pesawat terbang. Sosok Habibir menjadi sangat penting bagi PT DI dan menginspirasi untuk terus membuat pesawat-pesawat lainnya.

    "Ini menunjukkan bahwa teknologi Indonesia di bidang kedirgantaraan pada saat itu di dunia sudah ada di depan. Dan inilah yang patut dibanggakan pada saat itu tahun 1995 oleh warga Indonesia," pungkasnya.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id