Tips Sembuhkan Penyakit Kusta

    Octavianus Dwi Sutrisno - 28 Januari 2020 06:00 WIB
    Tips Sembuhkan Penyakit Kusta
    Penyakit kusta bisa disembuhkan asalkan dideteksi sejak dini. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
    Depok: Penyakit kusta seakan menjadi momok yang mengerikan di masyarakat, tak jarang para pengidap penyakit tersebut merasa tersisihkan dan memilih untuk tidak bergaul dengan dunia luar.  Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengatakan meskipun penyakit tersebut menular, namun masih dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi obat secara rutin.

    "Jadi ada obat spesifik kusta, yang diberikan oleh Puskesmas per Minggu kepada penderita. Nanti dipantau, untuk pengambilan obatnya hampir sama seperti penyakit TBC. Ini memang menular, kalau tidak diobati," ucap Novarita saat ditemui Selasa 28 Januari 2020.

    Menurut dia, hingga kini ada kurang lebih 56 penderita kusta yang tersebar di seluruh wilayah Kota Depok. Mereka telah didata dan menjalani pengobatan.

    Nova menuturkan, pasien yang mengalami kusta, bisa sembuh total. Terutama mereka yang teridentifikasi masih dalam tahap awal. Syaratnya, harus rutin mengkonsumsi obat.

    "Bagi mereka yang menderita kusta tahap tinggi juga bisa sembuh, namun memang agak lama, bisa bertahun-tahun. Tergantung dari ketahanan tubuh mereka," bebernya.

    Selain itu, para penderita Kusta tidak perlu mengisolasi diri. Sebab yang terpenting adalah pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), bagi keluarga pengidap kusta. Terutama terkait kebersihan lingkungan.

    "PHBS itu penting seperti, jangan sama dalam penggunaan handuk, kebersihan lingkungan,lalu ditingkatkan daya tahan tubuhnya. Memang kalau rentan bisa tertular tapi jangka waktunya panjang (tidak sekaligus tertular)," tandasnya.

    Selanjutnya Nova menerangkan, kepada masyarakat yang awam dengan kusta tidak perlu terlalu takut tertular penyakit tersebut. Asalkan, mengetahui cara pencegahannya. 

    "Jangan sampai ada stigma negatif dari para penderita kusta, sehingga mereka merasa tersisih, mengurung diri, tidak mau bersosialisasi. Karena, mereka juga bisa sembuh total," pungkasnya.





    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id