Gunung Agung Semburkan Abu Setinggi 2 km

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 21 April 2019 09:58 WIB
    Gunung Agung Semburkan Abu Setinggi 2 km
    Awan putih menyelimuti Gunung Agung saat diambil gambarnya melalui udara di Karangasem, Bali. Foto: MI/Susanto.
    Jakarta: Gunung Agung di Karangasem, Bali, kembali meletus. Gunung tertinggi di Pulau Dewata itu menyemburkan abu vulkanik hingga 2 kilometer (km) atau atau 5.142 meter di atas permukaan laut (mdpl).

    Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut erupsi itu terjadi pada Minggu, 21 April 2019, pukul 03.21 WITA. Erupsi  gunung dengen ketinggian 3.031 mdpl itu mengakibatkan hujan abu vulkanik dengan intensitas tipis hingga tebal.

    “Hujan abu vulkanik terjadi di beberapa tempat, seperti di Kabupaten Karangasem, Bangli, dan Klungkung. Sebaran abu tergantung dari arah angin,”  kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Jakarta, Minggu, 21 April 2019.

    Wilayah yang terkena hujan abu meliputi Kabupaten Karangasem di Kecamatan Selat. Di kecamatan ini, abu turun di Bukit Galah, Sebun, Telung Bhuana, Badeg Tengah, Badeg Dukuh, Perang Sari, Geriana Kauh, Tegeh Amertha Bhuana, Pura Pasar Agung Sebudi, dan Banjar Pura Sebudi. 

    Selain Kecamatan Selat, abu juga turun di Kecamatan Bebandem. Wilayah yang terimbas di kecamatan ini adalah Banjar Nangka, Banjar Bukit Paon, wilayah Banjar Butus bagian atas, Banjar Yeh Kori Jungutan, dan Desa Sibetan bagian atas.

    Menurut dia, fenomena ini tak sampai menyebabkan korban jiwa dan pengungsian warga. Masyarakat tetap beraktivitas normal. Kegiatan seperti car free day di Lapangan Puputan Klungkung dan seputaran perempatan Agung berjalan normal.

    Baca: Gunung Agung Berstatus Siaga

    “BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bali) telah membagikan ribuan masker kepada masyarakat,” jelas dia.

    Bandara Internasional IGK Ngurah Rai, kata dia, juga beraktivitas normal. Tidak ada pengaruh dari erupsi guung berapi ini terhadap penerbangan dari dan menuju Pulau Dewata. “Semua penerbangan normal. Bali aman,” terang Sutopo.

    Sementara itu, saat ini, status Gunung Agung tetap pada siaga (level III). Masyarakat, pendaki, dan wisatawan dilarang beraktivitas di dalam radius 4 km dari puncak kawah Gunung Agung. “Di luar radius itu aman,” ujar Sutopo.




    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id