comscore

206 Butir Granat Aktif Ditemukan di Perkebunan

Clicks.id - 21 Desember 2021 14:08 WIB
206 Butir Granat Aktif Ditemukan di Perkebunan
Tim Jihandak Polda Jatim mengevakuasi granat aktif dari perkebunan PTPN XII, Banyuwangi (Foto / Istimewa)
Banyuwangi: Sebanyak 206 granat aktif ditemukan di perkebunan PTPN XII, di Desa Sumberjambe, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Ratusan granat tersebut ditemukan oleh seorang warga pemburu uang kuno secara tidak sengaja. Granat tersebut berada pada kedalaman kurang dari satu meter.

Kapolsek Pesanggaran, AKP Soebandi, mengatakan granat tersebut pertama kali ditemukan warga pemburu koin kuno. Saat itu mereka menggali tanah dan tidak sengaja menemukan butiran besi yang akhirnya diketahui merupakan granat.
"Lokasi perkebunan Sumberjambe dulunya memang dikenal sebagai markas Belanda. Karenanya ada kemungkinan granat itu milik mereka," kata Soebandi dalam keterangan pers, Selasa, 21 Desember 2021.

Baca: Keluarga Korban Pemerkosaan Minta Herry Wirawan Dihukum Mati

Soebandi belum memastikan pemilik ratusan granat aktif tersebut. Namun, berdasarkan ciri-cirinya, granat itu merupakan peninggalan Belanda.

Dia memastikan granat tersebut masih aktif dan bisa meledak lantaran pemantiknya masih ada. "Meskipun berkarat, kalau pelatuknya ada masih bisa meledak," jelasnya.

Tim Jihandak Brimob Polda Jatim langsung melakukan pemeriksaan di titik lokasi penemuan. Dari hasil pemeriksaan, ratusan granat tersebut merupakan peninggalan Kolonial Belanda.

Untuk memastikan aktif atau tidak, petugas mengambil enam buah granat ukuran sedang maupun kecil untuk diledakkan. Proses peledakan menggunakan standar keamanan benda berbahaya jenis bom dan diledakkan dari jarak jauh. Hal ini untuk mengantisipasi efek ledakan yang bisa menimbulkan serpihan.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id