comscore

Wagub Jabar Setuju Dana Operasional Kades Ditambah

Rizky Dewantara - 01 April 2022 10:00 WIB
Wagub Jabar Setuju Dana Operasional Kades Ditambah
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Bogor, Jawa Barat. istimewa
Bogor: Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyetujui kebijakan penambahan anggaran untuk operasional kepala desa. Ia menyebut peran kepala desa itu sangat penting sebagai ujung tombak pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. 

"Saya sangat setuju atas keputusan Presiden Jokowi dengan memberikan dana operasional kepala desa. Dulu honor kepala desa di Kota Tasikmalaya hanya Rp250 ribu, saat saya ketua DPRD dinaikan jadi Rp2,5 juta. Jika sekarang dinaikan lagi oleh pak Presiden, itu luar biasa, karena kepala desa berperan sebagai ujung tombak pembangunan," ungkap Uu saat ditemui di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, 31 Maret 2022.
Ia menjelaskan di Jawa Barat terdapat 5.123 desa. Terkait dana desa tersebut, sebenarnya kepala desa itu sudah sangat jelas dalam tupoksi dan jumlahnya. 

Baca: NasDem Apresiasi Keputusan Jokowi Terkait Dana Operasional Kades

"Harapan kami sebenarnya jelas dan ingin segera direalisasikan, supaya tidak menjadi polemik bagi kepala desa yang meminta namun belum dikabulkan. Kalaupun tidak sesuai dengan keinginan, minimal ada payung hukum untuk kepala desa dalam memanfaatkan uang, baik itu dari dana maupun desa itu sendiri," akunya. 

Masih kata dia, kepala desa selain sebagai ujung tombak pembangunan mereka juga bisa berperan sebagai ujung tombak dalam keuangan. Mereka perwakilan pemerintah di tingkat paling bawah.

"Kalau pelayanan kepala desa kurang baik image-nya kepada pemerintahan tidak baik juga. Kepala desa bekerja untuk kepentingan masyarakat dan berhadapan langsung, menurut saya itu pekerjaan berat. Kalau kami berhadapan nya dengan bupati, walikota dan para pejabat lainya," tambah Uu. 

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id