comscore

Dugaan Korupsi Dana PIP, Kepsek SMPN 17 Tangsel: Bantuan Partai Bukan APBN

Farhan Dwitama - 28 Juni 2022 14:47 WIB
Dugaan Korupsi Dana PIP, Kepsek SMPN 17 Tangsel: Bantuan Partai Bukan APBN
SMPN 17 Kota Tangerang Selatan. Medcom.id/Farhan Dwitama
Tangerang: Sebanyak 200 orang tua siswa SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan, masih mendapatkan bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP) tahun ajaran 2021/2022. Meskipun, proses penyelidikan PIP tahun anggaran 2019 masih dalam proses penyidikan Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan.

"Kita tetap ada, tahun 2022 ini ada 200an kuota orang tua penerima PIP," ungkap Kepala SMPN 17 Tangsel, Hermayandana, dikonfirmasi, Selasa 18 Juni 2022. 
Selaku Kepala Sekolah yang baru di SMPN 17 Tangsel, ia mengaku tidak tahu besaran bantuan PIP bagi 200 orang tua siswa tersebut. Sebab menurut dia, bantuan tersebut langsung ditransfer pemerintah pusat kepada orang tua penerima. 

"Saya engga hafal, itukan langsung ke orang tua siswa yang menerima. Dari 200-an itu, kali tidak salah besaran bantuannya antara Rp350-700 ribuan. Rincian detilnya saya engga tahu," ucap dia. 
 
Baca: Kejari Tangsel Selisik Dugaan Korupsi Dana Program Indonesia Pintar

Dia menegaskan, sekolah hanya memfasilitasi para orang tua yang membutuhkan berkas administrasi sebagai syarat menerima bantuan PIP

"Itu prosesnya langsung ke orang tua. Normalnya urusan dari perencana sampai pencairan itu ke orang tua, data-data semua ke orang tua. Yang engga normalnya saya engga tahu," kata dia. 

"Misal surat keterangan tidak mampu, itu yang kita berikan kepada orang tua sebagai syarat penerima PIP," imbuhnya.

Menurut dia, berdasarkan hasil penelusurannya dana bantuan bahwa PIP tahun anggaran 2019 disebutkan Marhaen, sebagai dana bantuan partai. 

"Jadi pihak partai mengajukan nama-nama, jadi partai mengusulkan. Saya investigasi juga, jadi ada pembicaraan juga bahwa uang ini (PIP) dari partai, bukan dari APBN," ucap dia. 

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id