comscore

BMKG Prediksi Terjadinya Air Pasang Laut Perairan Banyuwangi

MetroTV - 19 Mei 2022 16:25 WIB
BMKG Prediksi Terjadinya Air Pasang Laut Perairan Banyuwangi
Penyebab air pasang laut karena bulan purnama. Foto: Dok/Metro TV
Banyuwangi: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya air pasang laut di perairan Banyuwangi, Jawa Timur akan terjadi hingga 20 Mei 2022. Ketinggian air pasang air laut diperkirakan mulai 100 hingga 120 centimeter (Cm).

Menurut prakirawan BMKG kelas III Banyuwangi Anjar Triono, penyebab terjadinya air pasang akibat adanya bulan purnama. Dimana jarak bulan dengan bumi dekat, sehingga menyebabkan gelombang tinggi dan turun hujan.
"Banjir rob yang terjadi karena adanya fase bulan purnama. Serta jarak terdekat bulan ke bumi. Sehingga menyebabkan pasang yang tingginya mencapai 120 cm," kata Triono dalam tayangan Headline News di Metro TV, Kamis, 19 Mei 2022.

Warga diminta waspada karena air pasang laut terjadi hingga ketinggian lebih dari 100 cm . Di Banyuwangi sejak kemarin sudah terjadi banjir rob yang melanda Kelurahan Madar, dan Kepatihan. Hal ini menyebabkan air masuk kerumah warga.

Selain itu banjir rob juga melanda di dua tempat destinasi wisata. Yakni Pulau Santen dan Pantai Cemara. (Fauzi Pratama Ramadhan)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id