comscore

Pemudik Masuk Jateng Kurang dari Sejuta Jelang Tahun Baru

Mustholih - 27 Desember 2021 16:38 WIB
Pemudik Masuk Jateng Kurang dari Sejuta Jelang Tahun Baru
Ilustrasi terminal. ANT/Indrianto Eko Suwarso
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan sejauh ini kurang dari satu juta pemudik masuk ke Jateng pada momen libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru). Menurut Ganjar, jumlah tersebut jauh dari perkiraan awal yang diprediksi ada 4 juta lebih pemudik masuk Jateng.

"Prediksinya kan kemarin 4 juta, tapi kenyataannya tidak ada sejuta. Tapi kita pantau terus, apakah terjadi lonjakan sampai akhir minggu ini," kata Ganjar, di Semarang, Senin, 27 Desember 2021.
Berdasarkan data arus mudik Nataru periode 17 hingga 24 Desember 2021, kata Ganjar, sebanyak 895.838 kendaraan sudah masuk Jawa Tengah. Sedangkan penumpang transportasi umum tercatat 293.492 orang. Ganjar mengaku senang dengan temuan tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang mau mendukung dan mematuhi imbauan untuk tidak mudik saat Natal dan tahun baru," ucap Ganjar.

Baca: H+1 Natal, 165 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek

Meksi begitu, Ganjar meminta Pemerintah Kabupaten dan Kota tetap waspada. Demi mengantisipasi penularan covid-19 pada libur Nataru, semua bupati dan wali kota diminta mengawasi pergerakan di tempat-tempat wisata.

"Sekarang yang harus diawasi adalah tempat-tempat wisata, karena anak-anak libur sekolah dan diprediksi mereka kemungkinan akan ramai-ramai ke wisata," jelas Ganjar.

Menurut Ganjar, Pemerintah Kabupaten dan Kota harus siaga penuh dalam sepekan terakhir. Dia meminta Satpol PP untuk melakukan patroli rutin, dan lokasi wisata harus dikontrol.

Sekda Provinsi Jateng, Sumarno, mengatakan pada libur Nataru sebanyak 674 destinasi wisata menyatakan menerima kunjungan wisatawan. Dari 690 destinasi wisata yang terdata di Jateng, hanya 16 destinasi yang memutuskan tidak beroperasi.

"Maka prokes harus benar-benar ketat. Pastikan semua pengunjung menggunakan masker dan masuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi," ungkapnya.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id