comscore

Kota Depok Komitmen Fasilitasi Produksi Batik

Antara - 25 Februari 2022 08:06 WIB
Kota Depok Komitmen Fasilitasi Produksi Batik
Wali Kota Depok Mohammad Idris (ANTARA/Foto: Feru Lantara)
Depok: Wali Kota Depok, Mohammad Idris berkomitmen untuk terus memfasilitasi kegiatan-kegiatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Usaha, Kecil dan Menengah (UKM), termasuk di antaranya produksi batik Depok.

"Sampai saat ini alhamdulillah sudah ada sentra perajin batik Depok," ujar Mohammad Idris di Depok, Jumat, 25 Februari 2022.
Idris mengunjungi Sentra Perajin Batik Ajbura Tradjumas (Ajak Budaya Rakyat Tradisi Maju Masyarakat) di Kompleks Perumahan Bumi Sawangan Indah (BSI) 2, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan untuk melihat secara langsung sentra batik tersebut.

Pada kunjungannya, Mohammad Idris melihat produk-produk Batik Ajbura Tradjumas. Seperti motif Tugu Batu, Gong Si Bolong, Belimbing Dewa, Gedung Tua, dan Ikan Hias.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Indonesia

"Depok dengan potensi warga berusia produktif, dipadu dengan rasa peduli masyarakat dan empati pemerintah, mampu mewujudkan sentra perajin batik khas Depok," katanya.

Ia mengatakan, perhatian dan tekad Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mempunyai Batik khas daerah sudah terealisasi sejak tahun 2010. Kala itu, saat dirinya masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok dan pada 2016 melakukan evaluasi terhadap kerajinan batik.

Sampai pada 2018 berhasil menetapkan 16 jenis batik Depok dan meraih legalitas Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap belasan jenis batik tersebut.

"Kami berharap tagline KODE HATIKU atau Kota Depok Sehat Indonesia Kuat bisa terealisasi. Sehat jasmani, mental-rohani dan juga sehat ekonomi pada kota dan warga Depok mampu mewujud menjadi bagian dari Indonesia Kuat," ungkapnya.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id